Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Naik Motor Hindari Pakai Sarung Tangan Model Buntung

Kompas.com - 23/02/2022, 11:42 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam berkendara aman, penggunaan riding gear jadi hal yang wajib dilakukan. Selain helm, jaket, dan sepatu, sarung tangan juga merupakan salah satu riding gear yang penting untuk dikenakan.

Sayangnya masih umum ditemui pengendara motor yang abai akan pentingnya penggunaan sarung tangan saat berkendara.

Andry Berlianto, Instruktur Rifat Drive Labs (RDL), menjelaskan bahwa sarung tangan berperan penting dalam melindungi pengendara dari bermacam-macam hal.

Baca juga: Begini Perbandingan Motor yang Pakai ABS dan Tidak

Pilih sarung tangan yang aman dan nyaman digunakan. maximomoto.com Pilih sarung tangan yang aman dan nyaman digunakan.

"Sarung tangan itu ibaratnya adalah kulit kedua si pengendara motor," kata Andry kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, pemilihan sarung tangan tidak bisa sembarangan. Sarung tangan berkendara yang aman adalah yang ketika dipakai akan pas dengan telapak tangan dan jari-jari.

"Bila tidak pas seperti longgar atau licin akan membuat gerakan menggenggam stang motor tidak maksimal," kata Andry menambahkan.

Senada, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani juga mengatakan bahwa sarung tangan tidak cuma melindungi kulit dari paparan sinar matahari, tapi juga mencegah terjadinya luka fatal apabila mengalami kecelakaan.

Baca juga: Resmi, Ini Daftar Mobil yang Menerima Insentif PPnBM 2022

Ragam sarung tangan bermerek untuk sepeda motorAditya Maulana, KompasOtomotif Ragam sarung tangan bermerek untuk sepeda motor

"Oleh karenanya, penting untuk memperhatikan penggunaannya. Sarung tangan yang baik ialah yang dapat menutup jari tangan penuh, bukan sarung tangan buntung atau setengah tertutup," ucap Agus.

Sarung tangan dengan model jari terbuka tidak akan melindungi tangan pengendara secara maksimal. Ia juga menuturkan, lebih baik mengenakan sarung tangan khusus untuk mengendarai motor. Sebab sudah didesain agar tangan pengendara lebih nyaman dalam menggenggam grip pada setang.

"Terutama bagi pengendara wanita, hindari memilih sarung tangan hanya karena menarik dipandang namun minim fungsi utama," kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com