Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Motor Apa yang Paling Aman buat Wanita?

Kompas.com - 22/02/2022, 19:21 WIB
Serafina Ophelia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, ada berbagai pilihan motor yang bisa dipakai untuk berkendara sesuai dengan selera dan kebutuhan, mulai dari sepeda motor matik (skutik), motor bebek, hingga motor sport.

Pengguna motor pun tidak terbatas pada pria saja. Saat ini, sudah banyak pengendara wanita yang mengendarakan motornya sendiri, karena tuntutan kebutuhan ataupun sekedar hobi.

Motor yang digunakan pengendara wanita juga tidak terbatas pada satu jenis saja. Head of Safety Riding Promotion Wahan Agus Sani mengatakan, jenis motor apapun cocok digunakan oleh wanita tergantung dari kebiasaan berkendaranya.

Baca juga: Kesalahan yang Kerap Dilakukan Pengendara Motor Wanita

Meski begitu, ia mengatakan, secara umum, tipe motor yang paling aman untuk pengendara motor wanita khususnya pengendara wanita adalah motor matik. Walaupun, ada juga pengendara wanita yang suka dan sudah terbiasa dengan motor sport.

"Semua jenis motor dapat digunakan oleh wanita tergantung kebiasaannya, tetapi bagi pengendara wanita yang memang pemula dan ingin mengendarai motor sebaiknya lebih disarankan menggunakan motor tipe matik," jelas Agus saat dihubungi Kompas.com, Senin (21/2/2022).

Ilustrasi pengendara motor wanitaSHUTTERSTOCK Ilustrasi pengendara motor wanita

Menurut Agus, pengendara wanita seringkali kurang hati-hati saat mengendarai motor, terutama saat akan melakukan manuver dan saat mengoperasikan lampu sein.

Pengendara wanita sering lupa mematikan lampu sein setelah digunakan, sehingga selama perjalanan lampu sein terus menyala.

"Hal ini biasanya disebabkan karena pengendara wanita tidak memperhatikan dashboard motor, karena terlalu fokus pada jalan yang dilalui," kata Agus.

Baca juga: Agar Tidak Kena Pajak Progresif, Begini Cara dan Syarat Blokir STNK

Maka dari itu, motor matik bisa jadi satu pilihan yang aman untuk pengendara motor wanita. Karena, fokus pengendara tidak terbagi ke proses perpindahan transmisi dan sebagainya, namun cukup pada gas, rem dan area pandangan ke depan.

"Bagi sebagian pengendara wanita, memang lebih nyaman menggunakan motor tipe matik. Karena, selain pengoperasian yang mudah, motor matik juga lebih nyaman digunakan," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com