Kompas.com - 22/02/2022, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comBus di Indonesia saat ini terus berkembang, bahkan salah satu fitur yang ditawarkan karoseri adalah bagasi yang sangat lega. Saking leganya, bagasi bus kini bisa memuat motor.

Bagasi bus yang lega ini bisa ditemui pada model bodi bus MHD atau SHD. Selain itu, sasis yang digunakan juga khusus, harus model bogey sehingga bisa dibuatkan space frame sebagai bagasinya.

Berbeda dengan model ladder frame, sasis bus dengan space frame punya bagasi yang tembus dari kiri ke kanan. Sedangkan model ladder frame, di bagian tengah bagasi ada batang sasis yang mengurangi volume bagasi.

Baca juga: Tugas Berat Pengemudi Bus, Wajib Diimbangi Istirahat Rutin

Bagasi bisa diisi enam unit sepeda motor.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Bagasi bisa diisi enam unit sepeda motor.

Lalu kapan model bus dengan bagasi lega ini mulai muncul di Indonesia?

Design Development karoseri New Armada Deddy Hermawan mengatakan, tren bus dengan bagasi tinggi yang menjadikannya sangat lega sudah ada sekitar tahun 2016.

“Pada tahun 2016, New Armada mengeluarkan bus Evolander Highdeck-panoramic double glass yang tingginya sekitar 3,8 meter. Setahun kemudian, membuat Evolander SHD yang tingginya 3,87 meter,” ucap Deddy kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Menggeser Tuas Transmisi Mobil Matik Jangan Sembarangan

Permintaan bus yang dimensinya semakin tinggi ini karena permintaan dari customer. Para pemesan bus sudah mulai tahu perkembangan bodi bus di luar negeri yang punya bagasi lega, sehingga menginginkannya.

“Bus tinggi ini hanya tren saja. Penumpang juga ingin update bahwa yang mereka naiki atau sewa itu bus yang paling baru, meski cuma modelnya saja,” kata Deddy.

Lalu soal bagasi ekstra lega, memang keinginan dari customer. Bagasi yang lega, selain mengangkut barang bawaan penumpang, bisa juga untuk membawa barang kiriman dalam bentuk paket.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.