Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Menyetir Mobil, Lebih Baik Pakai Matik atau Manual?

Kompas.com - 22/02/2022, 18:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada sebuah anggapan yang mengatakan bahwa saat akan belajar mobil, seseorang baiknya mulai dari mobil transmisi manual terlebih dahulu.

Saat seseorang sudah mahir mengoperasikan mobil transmisi manual, maka otomatis orang tersebut dianggap bisa mengemudikan mobil matik, karena cara pengoperasiannya yang terlihat lebih mudah.

Padahal, saat akan belajar mobil, seseorang harus menyesuaikan mobil latihannya dengan mobil yang akan ia gunakan nantinya saat sudah mahir.

Baca juga: Mobil Apa yang Aman Dipakai Pemula untuk Belajar Mengemudi?

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, tidak ada yang lebih mudah atau lebih baik untuk latihan, karena setiap kendaraan memiliki tingkat bahaya yang berbeda-beda.

"Kalau ditanya mana yang lebih baik (untuk latihan), manual sama matik, tergantung pegangannya dia nanti mobil manual atau matik," jelasnya pada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Masih ada instruktur kursus menyetir yang menganggap benar hal tersebut, bahwa menyetir mobil manual menjadi tolak ukur seseorang untuk mahir mengoperasikan mobil, baik transmisi manual maupun matik.

Berkendara amanAuto2000 Berkendara aman

Sony menegaskan, instruktur mobil harus memiliki pengalaman dan pengetahuan yang pasti tentang bahaya-bahaya dari masing-masing mobil yang berbeda transmisi.

Walaupun mobil transmisi matik terkesan lebih mudah, tetap perlu ada pembiasaan yang dilakukan sebelum mengoperasikan kendaraan ke jalan umum.

Baca juga: Telat Bayar Pajak Kendaraan Bisa Kena Tilang, Ini Penjelasannya

Tidak jarang terjadi kecelakaan akibat pengemudi yang terbiasa mengemudikan mobil transmisi manual, menyetir dengan mobil transmisi matik. Salah injak pedal kerap terjadi akibat pengemudi tidak terbiasa, dan berujung membahayakan pengguna jalan yang lain.

Menurutnya, pengemudi harus belajar menggunakan kendaraan yang akan dia gunakan nantinya.

"Kalau nanti kita pakainya matik, kita harus belajar matik. Kalau nanti mobilnya kita manual, belajarnya manual," jelas Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.