Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plus Minus Beli Kendaraan Bermotor dengan Harga Off The Road

Kompas.com - 21/02/2022, 12:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan bermotor di Indonesia melalui dealer resmi umumnya akan menawarkan produk terbaik kepada calon konsumen dengan harga on the road (OTR).

Hal ini bertujuan agar calon konsumen tidak perlu lagi dipusingkan dengan urusan dokumen jalan dan biaya tambahan.

Pasalnya, harga OTR merupakan harga mobil atau motor beserta biaya pengurusan kelengkapan surat jalan seperti BPKB, STNK, dan pajaknya.

Baca juga: Perbedaan Harga On The Road dan Off The Road Saat Beli Kendaraan

Namun, pada produk tertentu, APM hanya memberikan harga off road. Artinya, seluruh pengurusan dan biaya dokumen jalan dilimpahkan kepada calon konsumen. Dalam hal ini, biasanya kendaraan jadi sedikit lebih murah.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy mengatakan, kendaraan yang dijual dengan harga off the road memang lebih murah karena belum ditambah Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) dan sebagainya.

Inspirasi modifikasi motor-motor Suzuki di IMOS 2018stanly Inspirasi modifikasi motor-motor Suzuki di IMOS 2018

“Tapi saat diurus semua, tidak jauh berbeda (selisih harganya). Dealer kami selalu jual OTR yang berarti sudah ada plat nomor, jadi aman dan konsumen tidak perlu bingung lagi mengurus dokumen jalan,” ucap Billy kepada Kompas.com belum lama ini.

Sementara itu, salah satu pramuniaga Suzuki roda dua di bilangan Tangerang Selatan mengatakan, pada dasarnya konsumen bisa membeli motor dalam kondisi off the road dan mengurus pajak sendiri.

Baca juga: Rincian Biaya Perawatan All New Isuzu mu-X Sampai 100.000 Km

“Bisa saja beli off the road, nanti mengurus pajak sendiri. Biasanya yang ngasih itu diler-diler besar (off the road),” ucap pramuniaga tersebut.

Jika memutuskan membeli off the road dan mengurus pajak sendiri, pramuniaga tersebut mengatakan harga kendaraan akan jadi lebih murah dari harga OTR dealer.

“Harusnya bisa lebih murah (dari OTR), cuma ngurus sendiri,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com