Mobil Apa yang Aman Dipakai Pemula untuk Belajar Mengemudi?

Kompas.com - 09/01/2022, 18:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat akan mengikuti kursus mobil, biasanya calon pengemudi akan ditawarkan untuk memilih tipe mobil yang ingin dipakai untuk berlatih.

Umumnya, ada beberapa tipe mobil yang bisa dipilih. Mulai dari MPV yang berukuran agak besar seperti Avanza dan Xenia, hingga city car yang berukuran lebih kecil, seperti Agya dan Ayla.

Mobil yang dipakai merupakan mobil modifikasi yang dilengkapi dengan pedal rem dan kopling tambahan di kabin penumpang depan.

Baca juga: Pengemudi Mobil Pemula, Jangan Duduk Terlalu Maju Mepet Setir

Ukuran mobil yang digunakan untuk berlatih dapat mempengaruhi kebiasaan seseorang saat mengemudi, tapi tidak menentukan keamanan ataupun kemahiran seseorang saat mengendarakan mobil.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan bahwa di lembaga kursus mengemudi, calon pengemudi bisa memilih mobil yang sesuai dengan jenis kendaraan yang akan mereka gunakan nantinya.

"Tidak masalah mau mobil besar atau kecil, karena kami ajarkan patokan-patokan yang dapat digunakan untuk dapat mengemudi dengan benar dan aman," jelas Marcell pada Kompas.com, Jumat (7/1/2022).

Ilustrasi kursus mengemudi.Kompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi kursus mengemudi.

Baca juga: Salah Injak Pedal Mobil Bukan Terjadi Hanya pada Pengemudi Pemula

Marcell menjelaskan, calon pengemudi bebas memilih jenis mobil apapun. Karena, tingkat keamanan berlatih tidak dinilai dari besar atau kecilnya mobil yang digunakan.

Perbedaan antara mobil besar dengan mobil kecil adalah patokan-patokan yang harus diperhatikan saat berkendara, misalnya patokan saat akan memarkir mobil.

Hal yang terpenting, Marcell mengatakan bahwa berlatih mobil tidak sekadar memakai feeling. Ada patokan yang harus diperhatikan dan akan diajarkan, sesuai dengan jenis mobil yang dipilih oleh calon pengemudi.

"Kami tidak mengajarkan menggunakan feeling. Sehingga, mau pakai mobil besar atau kecil sama saja," kata Marcell.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.