[POPULER OTOMOTIF] Apa Fungsi Tombol Overdrive pada Tuas Transmisi Mobil Matik? | Pasokkan Alphard Terus Berkurang, Ini Penjelasan Toyota Indonesia

Kompas.com - 20/02/2022, 06:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil dengan transmisi matik menjadi pilihan bagi sebagian orang di Indonesia terutama di daerah perkotaan. Hal ini dikarenakan pengoperasiannya yang lebih mudah daripada mobil manual.

Pengendara mobil matik harus mengetahui fungsi dari panel tuas transmisi matik. Pada beberapa jenis mobil matik memiliki fitur overdrive, yang penempatannya berupa tombol di sekitar tuas transmisi.

Secara umum, fitur ini berguna ketika mobil hendak menyalip atau berada di jalan menanjak.

Kemudian, pasokkan kendaraan berjenis multi purpose vehicle (MPV) premium dari Toyota, Alphard ke Indonesia terus berkurang sejak akhir 2021 kemarin. Bahkan pada awal tahun ini, distribusinya mencapai titik nol unit.

Dijelaskan Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, hal tersebut karena adanya gangguan kegiatan manufaktur di Jepang, tempat Alphard diproduksi.

"Hanya sedikit gangguan produksi di Jepang. Diakui beberapa kali kami mengalami isu produksi, pengurangan produksi yang berlangsung mulai akhir tahun lalu sampai mungkin awal 2022," katanya dalam konferensi virtual Kamis, (17/2/2022).

Selengkapnya, berikut ini daftar 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu, 19 Februari 2022.

1. Apa Fungsi Tombol Overdrive pada Tuas Transmisi Mobil Matik?

Tombol Overdrive di tuas transmisi Mitsubishi Xpander- Tombol Overdrive di tuas transmisi Mitsubishi Xpander

Tombol overdrive biasanya ditandai dengan logo ‘O/D’, yang bilamana ditekan justru bakal non-aktif. Jadi dalam keadaan normal, overdrive sebetulnya telah aktif.

Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic, mengatakan, ketika ditekan fitur ini akan memunculkan simbol ‘O/D Off’ di layar instrumen atau MID (Multi Information Display).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.