Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Apa Fungsi Tombol Overdrive pada Tuas Transmisi Mobil Matik? | Pasokkan Alphard Terus Berkurang, Ini Penjelasan Toyota Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil dengan transmisi matik menjadi pilihan bagi sebagian orang di Indonesia terutama di daerah perkotaan. Hal ini dikarenakan pengoperasiannya yang lebih mudah daripada mobil manual.

Pengendara mobil matik harus mengetahui fungsi dari panel tuas transmisi matik. Pada beberapa jenis mobil matik memiliki fitur overdrive, yang penempatannya berupa tombol di sekitar tuas transmisi.

Secara umum, fitur ini berguna ketika mobil hendak menyalip atau berada di jalan menanjak.

Kemudian, pasokkan kendaraan berjenis multi purpose vehicle (MPV) premium dari Toyota, Alphard ke Indonesia terus berkurang sejak akhir 2021 kemarin. Bahkan pada awal tahun ini, distribusinya mencapai titik nol unit.

Dijelaskan Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, hal tersebut karena adanya gangguan kegiatan manufaktur di Jepang, tempat Alphard diproduksi.

"Hanya sedikit gangguan produksi di Jepang. Diakui beberapa kali kami mengalami isu produksi, pengurangan produksi yang berlangsung mulai akhir tahun lalu sampai mungkin awal 2022," katanya dalam konferensi virtual Kamis, (17/2/2022).

Selengkapnya, berikut ini daftar 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu, 19 Februari 2022.

1. Apa Fungsi Tombol Overdrive pada Tuas Transmisi Mobil Matik?

Tombol overdrive biasanya ditandai dengan logo ‘O/D’, yang bilamana ditekan justru bakal non-aktif. Jadi dalam keadaan normal, overdrive sebetulnya telah aktif.

Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic, mengatakan, ketika ditekan fitur ini akan memunculkan simbol ‘O/D Off’ di layar instrumen atau MID (Multi Information Display).

“Fungsi utama overdrive adalah untuk membatasi sistem percepatan perpindahan gigi. Artinya transmisi tidak bekerja dengan seluruh perbandingan gigi yang tersedia. Misal pada mobil 4-percepatan, transmisi bekerja hingga rasio gir ketiga saja,” kata Hermas kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

2. Pasokkan Alphard Terus Berkurang, Ini Penjelasan Toyota Indonesia

"Mudah-mudahan tidak lama lagi akan recover (pulih). Tetapi kalau dari sisi permintaan, masih cukup baik," lanjut Anton.

Namun, Anton tak menyebutkan alasan gangguan dimaksud. Bila mengacu keadaan industri otomotif secara umum, beberapa waktu lalu memang ada hambatan imbas pasokkan komponen cip semikonduktor.

Kondisi tersebut, membuat Toyota serta pabrikan otomotif Jepang lain beberapa kali harus melakukan pengurangan hingga pemberhentian sementara kegiatan produksi.

3. Bocor, Hyundai Ioniq 5 Sudah Ada di Pabrik Hyundai Cikarang

Hyundai di Indonesia bisa dibilang sedang serius memasuki pasar Indonesia. Mulai dari membangun pabrik di Cikarang sampai memproduksi Hyundai Creta yang dikatakan produk yang Indonesia oriented.

Selain Hyundai Creta, kabarnya, pabrik Hyundai tersebut juga akan memproduksi Ioniq 5. Mobil listrik yang ukurannya lebih besar dari Kona Electric ini kabarnya segera diproduksi pada tahun ini di Cikarang.

Redaksi pun mendapatkan foto empat Hyundai Ioniq 5 yang berada di pabrik Hyundai Cikarang. Empat mobil listrik tersebut terdiri dari dua berwarna hitam dan dua lagi berkelir silver.

4. Siap Meluncur, Hyundai Stargazer Tertangkap Kamera Lagi Tes Jalan

Awak redaksi Kompas.com kembali menangkap gambar mobil baru yang sedang tes jalan. Meskipun mobil ini masih diselimuti kamuflase pada sebagian bodinya, tapi diyakini ini adalah Hyundai Stargazer.

Dilihat dari lekuk bodi dan desain grille, sangat mirip dengan Staria. Tapi, dimensinya tak jauh berbeda dengan Toyota All New Avanza dan Mitsubishi Xpander.

Beberapa waktu lalu, mobil ini memang sempat terlihat juga dan viral di media sosial. Pihak Hyundai pun tidak menampik akan memasarkan Stargazer di Indonesia.

5. VW Bakal Bawa T-Cross ke Indonesia, Jadi Pesaing Rocky-Raize

PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku agen tunggal pemegang merek Volkswagen (VW) di Indonesia memastikan bakal ikut kembali meramaikan pasar otomotif domestik di 2022 ini.

Belum lama ini, PT GMM menuturkan kepada awak media bahwa hendak memboyong salah satu model kendaraan di segmen sport utility vehicle (SUV) kecil.

Hal tersebut diungkapkan Ahmad Badawi, National Sales Manager PT GMM, pada akhir Januari 2022. Namun pada waktu itu, belum disebutkan secara detail model mobil SUV kecil yang akan dibawa masuk ke Tanah Air.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/20/063100015/-populer-otomotif-apa-fungsi-tombol-overdrive-pada-tuas-transmisi-mobil

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.