Hitung Konsumsi BBM All New Isuzu mu-X Dipakai Sehari-hari

Kompas.com - 19/02/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Isuzu mu-X punya tampilan yang cukup jauh berbeda dibandingkan generasi sebelumnya. Selain itu, desain interiornya juga dibuat sederhana, tapi tetap berkelas.

Pada bagian dapur pacunya, sport utility vehicle (SUV) ladder frame ini dibekali dengan mesin 1.9 L yang dilengkapi dengan turbocharger.

Baca juga: Menguji Performa All New Isuzu mu-X di Trek Ekstrem

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 148 Tk pada putaran mesin 3.600 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya, dapat mencapai 350 Nm pada putaran mesin di rentang 1.800 Rpm hingga 2.600 Rpm.

Test drive All New Isuzu mu-XKompas.com/Donny Test drive All New Isuzu mu-X

Kompas.com berkesempatan menguji All New Isuzu mu-X selama beberapa hari. Selain performa mesin, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) juga menjadi salah satu poin yang diuji.

Pada pengetesan kali ini, Kompas.com menggunakan All New Isuzu mu-X untuk berkendara sehari-hari dengan kondisi jalanan perkotaan dan juga berkendara ke luar kota.

Baca juga: Jajal Kenyamanan Posisi Berkendara All New Isuzu mu-X

Namun, unit yang diuji oleh Kompas.com sudah tidak sepenuhnya dalam kondisi standar. Sebab, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) sudah mengganti bannya dengan tipe Mud-Terrain alias off road.

Test drive All New Isuzu mu-XKompas.com/Donny Test drive All New Isuzu mu-X

Untuk bobotnya sendiri, mobil diisi oleh test driver yang memiliki bobot 60 kg. Gaya berkendara yang digunakan juga cenderung normal, meskipun sesekali mencoba agresif untuk menguji akselerasinya.

Termasuk juga sempat digunakan untuk menguji performa mobil ini di trek ekstrem yang ada di Jeep Station Indonesia (JSI) di Bogor. Dengan kata lain, pengujian konsumsi BBM ini tidak menggunakan teknik eco driving.

Test drive All New Isuzu mu-X 4x4Kompas.com/Donny Test drive All New Isuzu mu-X 4x4

Selama mengendarai All New Isuzu mu-X, total jarak tempuh yang tertera pada layar Multi Information Display (MID) mencapai 335 Km. Dengan jarak sekian, konsumsi rata-rata mobil bermesin diesel ini mencapai 9,4 Km per liter.

Tentunya, hasil pengetesan ini tidak bersifat mutlak. Sebab, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi konsumsi BBM suatu kendaraan, seperti gaya berkendara, tekanan udara pada ban, bahan bakar yang dipakai, bobot yang dibawa, situasi lalu lintas, dan lainnya.

Test drive All New Isuzu mu-X 4x4Kompas.com/Donny Test drive All New Isuzu mu-X 4x4

All New Isuzu mu-X hadir dengan dua pilihan warna, yakni Splash White dan Onyx Black Mica. Mobil ini dipasarkan dengan hanya satu varian dan dibanderol Rp 559,9 juta (OTR Jakarta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.