Simak Spesifikasi Mobil Listrik Otonom Buatan BRIN

Kompas.com - 19/02/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Teknik (OR IPT) melakukan pengembangan kendaraan listrik berteknologi otonom atau tanpa pengemudi.

Langkah tersebut dilakukan untuk memperbayak pilihan atas kendaraan ramah lingkungan dan demi menyambut era elektrifikasi di masa depan.

Sebelumnya, pengembangan kendaraan listrik dari BRIN difokuskan pada penguasaan teknologi komponen, seperti motor listrik, battery, control system/power electronics, platform, dan charging system.

Baca juga: Taksi Terbang Listrik Siapkan Rute Singapura-Indonesia pada 2024

Kontrol kemudi kendaraan listrik otonom dari BRIN, Micro Electric Vehicle - Teleoperated Driving System (MEVi - TDS)dok.BRIN Kontrol kemudi kendaraan listrik otonom dari BRIN, Micro Electric Vehicle - Teleoperated Driving System (MEVi - TDS)

"Sedangkan Prioritas Riset Nasional (PRN) Kendaraan Listrik 2020-2024 berfokus pada penguasaan teknologi kunci kendaraan otonom," kata Plt. Kepala Pusat Tenaga Listrik dan Mekatronik, Haznan Abimanyu dalam keterangannya, Jumat (18/2/2022).

"Seperti, sistem deteksi objek/sensor, sistem telekomunikasi, human to vehicle interaction, computer vision, dan sebagainya," lanjut Koordinator PRN Kendaraan listrik itu.

Kendaraan terkait, yang dinamakan Micro Electric Vehicle - Teleoperated Driving System (MEVi - TDS) , dikemudikan jarak jauh atau teleoperation.

Haznan menyebut, penelitian sistem itu mulai dilakukan dengan sumber daya gabungan peneliti dari Pusat Riset Informatika, Pusat Riset Tenaga Listrik dan Mekatronik, Pusat Riset Elektronika dan Telekomunikasi, serta Balai Pengembangan Instrumentasi.

"Tim peneliti merancang dan membangun dari awal platform kendaraan listrik yang digunakan. Platform tersebut diperuntukkan bagi kendaraan satu penumpang. Kendaraan ini sering disebut sebagai micro electric vehicle," kata dia.

Lantas apa spesialnya? Secara desain, MEVi-TDS terlihat simpel dan mungil. Sebab, dimensinya saja hanya panjang 1.475 mm, lebar 990 mm, tinggi 1.470 mm, dan berat sekitar 80 kg dengan pelek 8 inci.

Tetapi, kendaraan sudah dilengkapi empat buah lampu LED di bagian depan, lampu rem berbentuk oval di bagian belakang, serta enam lampu LED membentuk segitiga sebagai lampu sein.

Baca juga: Alasan Mengapa Voxy Hybrid Belum Hadir untuk Pasar Indonesia

Kendaraan listrik otonom dari BRIN, Micro Electric Vehicle - Teleoperated Driving System (MEVi - TDS)dok.BRIN Kendaraan listrik otonom dari BRIN, Micro Electric Vehicle - Teleoperated Driving System (MEVi - TDS)

Halaman:


Video Pilihan

Sumber BRIN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.