Kompas.com - 19/02/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pernah memasarkan Scorpio sebagai salah satu sepeda motor sport naked andalannya pada kurun waktu 2002 hingga 2015.

Awalnya, Scorpio hadir dengan statusnya sebagai motor completely build up (CBU) Jepang pada periode 2002-2004. Scorpio CBU ini kerap dijuluki Steko atau Scorpio tangki kotak karena ciri khas tangki bensinnya yang berbentuk kotak.

Memasuki tahun 2005, PT YIMM meluncurkan generasi kedua motor sport naked bermesin 225 cc tersebut, dengan nama Scorpio Z. Pada generasi ini lah Scorpio mulai diproduksi secara lokal. Generasi kedua ini bertahan hingga 2010.

Baca juga: Siswi SMP Masuk Tol Japek karena Salah Pilih Menu Google Maps

Yamaha Scorpio Limited Edition Febri Ardani Yamaha Scorpio Limited Edition

Mulai 2010, hadir generasi ketiga bernama New Scorpio Z dengan banyak ubahan pada tampilan. Yang paling mencolok yakni ubahan desain lampu utamanya. Sayangnya masa bakti New Scorpio Z tidak berlangsung lama. Pada 2015 motor sport naked ini harus disuntik mati.

Jika berminat memiliki Yamaha Scorpio, ketersediaannya di bursa motor bekas terbilang banyak. Tidak sulit menemukan Yamaha Scorpio bekas di pasaran dalam kondisi orisinil belum dimodifikasi.

Dari pantauan di sejumlah bursa motor bekas daring, Sabtu (19/2/2022), Yamaha Scorpio bekas dibanderol paling murah mulai Rp 9 jutaan.

Baca juga: Lihat Langsung Bagaimana Sasis Bus Diantar ke Karoseri

Yamaha Scorpio Limited Edition Febri Ardani Yamaha Scorpio Limited Edition

Yang unik, justru generasi terbarunya yang memiliki rata-rata harga bekas paling murah, di kisaran Rp 9 jutaan sampai Rp 17 jutaan. Sementara Steko atau Scorpio CBU lansiran 2002-2004 dipasang pada rentang harga yang lebih tinggi, Rp 15 jutaan hingga Rp 28 jutaan.

Karena statusnya yang sudah discontinued, ingat untuk teliti mengecek kondisi Scorpio bekas yang akan dibeli sudah sesuai dengan ekspektasi. Jangan sampai mengeluarkan biaya tambahan tak terduga untuk melakukan perbaikan yang tidak diperkirakan sebelumnya.

Sebagai referensi, berikut kisaran harga bekas Yamaha Scorpio per generasi pada Februari 2022.

  • 2002-2004: Rp 15 jutaan - Rp 28 jutaan
  • 2005-2010: Rp 9 jutaan - Rp 23 jutaan
  • 2011-2015: Rp 9 jutaan - Rp 17 jutaan
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.