VW Janji Bakal Agresif Tahun Ini di Indonesia, Bawa Produk Baru

Kompas.com - 26/01/2022, 17:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku agen tunggal pemegang merek Volkswagen (VW) di Indonesia memastikan bakal kembali meramaikan pasar dalam negeri tahun ini.

Langkah tersebut seiring dengan komitmen perusahaan untuk tingkatkan ceruk segmen kendaraan bermotor premium Tanah Air yang diperkirakan semakin ramai.

Salah satunya, sebagaimana dikatakan National Sales Manager PT GMM Ahmad Badawi, lewat peluncuran produk baru di kelas sport utility vehicle (SUV) kecil premium.

Baca juga: Bocoran Paten Baru Motor Kawasaki Hybrid

VW Tiguan Allspace The Sport EditionAPHIT McKlein VW Tiguan Allspace The Sport Edition

"Insya Allah kita akan hadirkan adik dari VW Tiguan tahun ini. Sebab di Indonesia belum ada SUV kecil premium keluaran Eropa," kata dia saat berdiskusi bersama beberapa awak media di Jakarta, Rabu (26/1/2022).

Hanya saja Badawi masih enggan untuk mengungkapkan secara rinci model terkait. Tetapi ia memastikan bahwa mobil akan sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia.

Apabila melihat jajaran produk VW di dunia, maka disinyalir produk yang dimaksud ialah VW Taos. Mobil ini termasuk dalam kategori SUV kompak.

Di Amerika, VW Taos menggendong mesin 1.5 liter empat silinder turbo. Mesin itu punya tenaga 158 daya kuda dengan torsi maksimal 249 Nm.

Pilihan penggerak rodanya ada yang roda depan bertransmisi otomatis 8-percepatan serta 4-Motion all wheel drive dengan transmisi DSG 7-speed. Pada beberapa negara lain, ada pula pilihan mesin 1.4 liter turbo.

Baca juga: Mini Bikin Program Recharged, Konversi Mesin Bensin Jadi Listrik

Perakitan mobil listrik Volkswagen ID.3 di Zwickau, Jerman.REUTERS/Matthias Rietschel Perakitan mobil listrik Volkswagen ID.3 di Zwickau, Jerman.

Adapun saat ini, GMM hanya memiliki dua model mobilyang dipasarkan di Indonesia yaitu VW Polo (impor dari India) dan VW Tiguan dengan skema CKD di pabrik Cikarang, Jawa Barat.

Sementara dari ketersediaan jaringan diler, kini perusahaan memiliki 8 outlet yang tersebar di Jakarta, Bandung, Medan, sampai Surabaya. Jaringan ini akan terus dikembangkan agar dapat memuaskan konsumen.

"Tahun lalu meski cukup menantang karena adanya pandemi Covid-19 dan krisis pasokkan cip semikonduktor penjualan kita masih membuahkan hasil positif. Di 2022, target kita ialah sekitar 800 unit," kata Badawi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.