Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Rosalia Indah Tabrak Truk, Ingat Bahaya Menyalip di Tikungan

Kompas.com - 17/02/2022, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan kembali terjadi, kali ini melibatkan bus Rosalia Indah dengan truk di Jalan Lingkar Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu (16/2/2022).

Dikutip dari Kompas Regional, kejadian tersebut memakan satu korban jiwa yakni pengemudi truk. Sedangkan dilaporkan ada lima orang penumpang bus serta pengemudi yang mengalami luka ringan sampai sedang.

Arief (45), salah satu saksi mata di lokasi kejadian menuturkan, awalnya bus dari arah utara nyalip di tikungan dengan mengambil jalur kanan berlawanan.

Baca juga: Truk Tronton Tabrak Bus Akibat Gagal Nanjak, Ini Bahaya di Belakang Truk

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

 

"Bus ngeblong kanan, nyalip di tikungan. Di depannya ada dump truk," kata Arief, kepada wartawan, yang mengaku saat itu kendaraannya sempat berada di belakang bus, Rabu.

Saat bus menyalip itulah datang dari arah selatan sebuah truk yang akhirnya tabrakan tak terhindarkan.

Melihat kejadian seperti itu, perlu diingat kalau menyalip kendaraan adalah manuver yang berbahaya, sehingga butuh momentum dan lokasi yang tepat. Mendahului kendaraan di tikungan tidak boleh dilakukan karena berbahaya.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Nakes Pakai Mobil Pribadi Tidak Kena Ganjil Genap

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, sudah banyak kecelakaan yang terjadi di jalan menikung.

“Jelas berbahaya, karena di tikungan blindspot-nya besar dan mengontrol kendaraanya lebih sulit,” ucap Sony, kepada Kompas.com belum lama ini.

Blindspot di sini maksudnya adalah pegemudi tidak bisa melihat apa yang ada di depannya saat manuver di tikungan. Begitu juga kendaraan yang ada dari arah berlawanan, tidak bisa melihat kendaraan yang sedang menyalip.

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan menambahkan, pengemudi yang menyalip di tikungan dan yang datang dari arah berlawanan sama-sama tidak dapat melihat saat di tikungan.

"Dan bisa bertemu tiba-tiba di tengah tikungan, sehingga bisa adu kambing,” kata Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com