Bus Rosalia Indah Tabrak Truk, Ingat Bahaya Menyalip di Tikungan

Kompas.com - 17/02/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan kembali terjadi, kali ini melibatkan bus Rosalia Indah dengan truk di Jalan Lingkar Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu (16/2/2022).

Dikutip dari Kompas Regional, kejadian tersebut memakan satu korban jiwa yakni pengemudi truk. Sedangkan dilaporkan ada lima orang penumpang bus serta pengemudi yang mengalami luka ringan sampai sedang.

Arief (45), salah satu saksi mata di lokasi kejadian menuturkan, awalnya bus dari arah utara nyalip di tikungan dengan mengambil jalur kanan berlawanan.

Baca juga: Truk Tronton Tabrak Bus Akibat Gagal Nanjak, Ini Bahaya di Belakang Truk

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

 

"Bus ngeblong kanan, nyalip di tikungan. Di depannya ada dump truk," kata Arief, kepada wartawan, yang mengaku saat itu kendaraannya sempat berada di belakang bus, Rabu.

Saat bus menyalip itulah datang dari arah selatan sebuah truk yang akhirnya tabrakan tak terhindarkan.

Melihat kejadian seperti itu, perlu diingat kalau menyalip kendaraan adalah manuver yang berbahaya, sehingga butuh momentum dan lokasi yang tepat. Mendahului kendaraan di tikungan tidak boleh dilakukan karena berbahaya.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Nakes Pakai Mobil Pribadi Tidak Kena Ganjil Genap

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, sudah banyak kecelakaan yang terjadi di jalan menikung.

“Jelas berbahaya, karena di tikungan blindspot-nya besar dan mengontrol kendaraanya lebih sulit,” ucap Sony, kepada Kompas.com belum lama ini.

Blindspot di sini maksudnya adalah pegemudi tidak bisa melihat apa yang ada di depannya saat manuver di tikungan. Begitu juga kendaraan yang ada dari arah berlawanan, tidak bisa melihat kendaraan yang sedang menyalip.

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan menambahkan, pengemudi yang menyalip di tikungan dan yang datang dari arah berlawanan sama-sama tidak dapat melihat saat di tikungan.

"Dan bisa bertemu tiba-tiba di tengah tikungan, sehingga bisa adu kambing,” kata Marcell.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.