Aprilia Kompetitif di Sesi Tes, Belum Tentu Unggul Saat Balapan

Kompas.com - 15/02/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada sesi tes pramusim di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, akhir pekan lalu, Aprilia terlihat sangat kompetitif. Namun, pebalapnya sendiri yang mengatakan belum tentu pada saat balapan bisa mengalahkan kompetitor.

Aleix Espargaro mengatakan, RS-GP tidak mengalami revolusi, tapi evolusi pada setiap bagian motor 2021. Menurutnya, peningkatan pada motornya terjadi di setiap bagian.

"Kelincahan, kecepatan di tikungan, dan saat berbelok adalah area di mana kami sangat meningkat. Begitu pula mesin yang lebih kuat, serta aerodinamika," ujar Aleix, dikutip dari Crash.net, Selasa (15/2/2022).

Baca juga: Aprilia Makin Kompetitif, Melibas Tikungan Jadi Salah Satu Andalan

Aleix menambahkan, RS-GP sudah lebih baik, lebih kencang, dan hanya sedikit mengalami wheelie dibandingkan motor tahun lalu. Tapi, ini hanya sesi tes, kondisi saat balapan tentu sangat berbeda.

Aleix Espargaro saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, LombokDok. @aleixespargaro Aleix Espargaro saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok

"Masalahnya ini adalah pengetesan. Ini sangat berbeda dengan balapan. Jika Anda memiliki kecepatan yang baik, bukan berarti Anda akan memenangkan balapan," kata Aleix.

Menurutnya, saat balapan akan ada banyak kompetitor yang harus dihadapi. Temperatur dan tekanan pada ban depan biasanya meningkat jika berada di belakang pebalap lain.

Baca juga: Aprilia Resmikan Tim MotoGP 2022, Begini Tampilan Motornya

Selain itu, kemampuan Aprilia saat menikung dengan kecepatan tinggi bisa saja terhalangi oleh pebalap di depan yang memiliki gaya stop and go.

"Kita akan mengetahuinya saat balapan, tapi saya punya firasat motor kami sedikit lebih baik saat sendirian dibandingkan saat bersaing dengan yang lain," ujar Aleix.

"Motor kami lebih baik dibandingkan kompetitor kami dari segi kecepatan di tikungan. Tapi, jika Anda tidak bisa melewati tikungan dengan cepat, Anda berada dalam masalah," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.