Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Mengantuk, Bus Mira Tabrak 5 Mobil dan 1 Motor di Bantul

Kompas.com - 12/02/2022, 18:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan yang melibatkan bus besar kembali terjadi di daerah Bantul, Yogyakarta. Kali ini bus Mira menabrak sejumlah kendaraan di Perempatan Ketandan, Banguntapan sekitar pukul 23.00 WIB, Jumat (11/2/2022).

Dikutip dari unggahan Romansa Sopir Truck di Instagram, bus Mira dengan nomor polisi S 7262 US menabrak lima mobil dan satu motor yang sedang berhenti menunggu lampu merah.

Diduga, pengemudi mengantuk dan kuramg konsentrasi saat mau berhenti di lampu lalu lintas. Sehingga ketika bus mendekati perempatan, pengemudi gagal mengerem tepat waktu dan menabrak kendaraan yang ada di depannya.

Baca juga: Bus Baru PT Jaya Kuning Abadi, Bernuansa Valentino Rossi

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

Menanggapi kejadian seperti ini, Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, perempatan adalah tempat paling berbahaya yang ada di jalan raya.

"Selain tempatnya kendaraan datang dari arah berbeda, perilaku pengendara yang tidak tertib seperti menerobos lampu merah juga kendaraan yang menunggu lampu hijau di tengah jalur," kata Sony kepada Kompas.com, Sabtu (12/2/2022).

Agar menghindari kecelakaan di persimpangan, pengemudi harus fokus melihat rambu-rambu yang ada. Jika visibilitas berkurang karena gelap, nyalakan lampu jauh dan bersiap untuk mengerem (cover brake).

Baca juga: Begini Karakter Sirkuit Mandalika, Yamaha dan Suzuki Bisa Diuntungkan

"Hal tersebut bisa didapat jika pengemudi dalam kondisi fit dan tidak memaksakan diri. Pastikan istirahat berkala (3 jam sekali) dan jangan meremehkan bahaya," ucap Sony.

Menurut Sony, pengemudi yang mengantuk cenderung punya respon yang lambat sampai dengan gagal antisipasi. Oleh karena itu, kecelakaan tabrakan seperti di atas bisa saja terjadi karena pengemudi yang mengantuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com