Diduga Mengantuk, Bus Mira Tabrak 5 Mobil dan 1 Motor di Bantul

Kompas.com - 12/02/2022, 18:21 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan yang melibatkan bus besar kembali terjadi di daerah Bantul, Yogyakarta. Kali ini bus Mira menabrak sejumlah kendaraan di Perempatan Ketandan, Banguntapan sekitar pukul 23.00 WIB, Jumat (11/2/2022).

Dikutip dari unggahan Romansa Sopir Truck di Instagram, bus Mira dengan nomor polisi S 7262 US menabrak lima mobil dan satu motor yang sedang berhenti menunggu lampu merah.

Diduga, pengemudi mengantuk dan kuramg konsentrasi saat mau berhenti di lampu lalu lintas. Sehingga ketika bus mendekati perempatan, pengemudi gagal mengerem tepat waktu dan menabrak kendaraan yang ada di depannya.

Baca juga: Bus Baru PT Jaya Kuning Abadi, Bernuansa Valentino Rossi

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

Menanggapi kejadian seperti ini, Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, perempatan adalah tempat paling berbahaya yang ada di jalan raya.

"Selain tempatnya kendaraan datang dari arah berbeda, perilaku pengendara yang tidak tertib seperti menerobos lampu merah juga kendaraan yang menunggu lampu hijau di tengah jalur," kata Sony kepada Kompas.com, Sabtu (12/2/2022).

Agar menghindari kecelakaan di persimpangan, pengemudi harus fokus melihat rambu-rambu yang ada. Jika visibilitas berkurang karena gelap, nyalakan lampu jauh dan bersiap untuk mengerem (cover brake).

Baca juga: Begini Karakter Sirkuit Mandalika, Yamaha dan Suzuki Bisa Diuntungkan

"Hal tersebut bisa didapat jika pengemudi dalam kondisi fit dan tidak memaksakan diri. Pastikan istirahat berkala (3 jam sekali) dan jangan meremehkan bahaya," ucap Sony.

Menurut Sony, pengemudi yang mengantuk cenderung punya respon yang lambat sampai dengan gagal antisipasi. Oleh karena itu, kecelakaan tabrakan seperti di atas bisa saja terjadi karena pengemudi yang mengantuk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.