Kompas.com - 11/02/2022, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu jalan darurat ketika bus mengalami kecelakaan adalah lewat kaca. Namun, hanya kaca di bagian samping dan belakang saja yang bisa dipecahkan dengan alat pemecah kaca yang ada di kabin bus.

Kaca samping dan belakang bus ketika dipecahkan menjadi butiran kecil yang tidak berbahaya untuk penumpang. Sedangkan untuk kaca depan bus, punya karakter yang berbeda, tidak mudah pecah dan bukan jadi jalan darurat.

Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto menjelaskan, kaca depan bus menggunakan tipe laminated, sedangkan samping dan belakang memakai tempered glass atau disebut kaca jagung.

Baca juga: Ini Aturan Baru Naik Bus Transjakarta Selama PPKM Level 3

Alat pemecah kaca di busDOK. LAKSANABUS Alat pemecah kaca di bus

"Kalau kaca depan itu seperti dua kaca ditempel jadikan satu," ucap Werry kepada Kompas.com, Jumat (10/2/2022).

Baca juga: Sedan Bekas Rp 70 Jutaan per Februari 2022, dari Civic sampai Camry

Jadi di bagian kaca ada semacam silikon yang menahan benturan agar kaca tetap melekat. Model kaca seperti ini juga berfungsi melindungi pengemudi dari lemparan batu, jadi hanya retak, bukan pecah berkeping-keping.

"Kalau kaca samping, harus bisa pecah berkeping-keping. Jadi memang desainnya apabila terjadi kecelakaan, penumpang tidak tertusuk kaca," kata Werry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.