Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut Ajang Reli di Sumatra, Wajib Pakai Ban Ini

Kompas.com - 09/02/2022, 17:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAMBI, KOMPAS.com - Land Rover Club Indonesia mengadakan ajang reli dengan titel Rally Internasional Camel Trophy Indonesia Sumatra Tribute. PT Elangperdana Tyre Industry pun turut berpartisipasi dalam agenda tersebut.

"Elangperdana Tyre berupaya terus ikut berpartisipasi dalam mempromosikan keindahan alam Indonesia. Terlebih Rally Internasional Camel Trophy Indonesia Sumatra Tribute memiliki rute bersejarah yang dikenal oleh dunia off-road internasional," ucap Dicky Mursalie, Managing Director PT Elangperdana Tyre Industry, seperti dikutip dari rilis resminya, Rabu (9/2/2022).

Reli ini dimulai sejak Minggu, 6 Februari 2022, dan rencananya akan berakhir pada 22 Februari mendatang. Untuk rutenya sendiri bakal melintasi 3 provinsi di Sumatra, yakni Jambi, Riau, dan Sumatera Utara.

Baca juga: Liburan Pebalap MotoGP di Mandalika, Berjemur, Bersepeda dan Main Voli

Agenda Sumatra Tribute dengan titel Rally Internasional Camel Trophy Indonesia Sumatra Tribute yang diselenggarakan oleh Land Rover Club Indonesia PT. Elangperdana Tyre Industry Agenda Sumatra Tribute dengan titel Rally Internasional Camel Trophy Indonesia Sumatra Tribute yang diselenggarakan oleh Land Rover Club Indonesia

Camel Trophy Indonesia Sumatra Tribut memakai format kegiatan wajib menggunakan Land Rover segala tipe, dengan kelengkapan "full out door gear set", dan Camel Trophy Spec 100 Percent.

Ban yang digunakan harus seragam, yakni Accelera M/T-01 dengan ukuran 235/85 R16. Sebab format reli ini mengusung semangat One Make Tyre.

Ban Accelera M/T-01 sendiri memiliki ciri khas stiker warna sun-glow pada bagian dindingnya, mengikuti warna mobil para peserta reli. Accelera M/T-01 dengan blok tapak yang unik dan lebar mampu meningkatkan traksi off-road.

Tapak bergigi terbuka menawarkan traksi unggul pada permukaan off-road dan slot blok untuk mengalirkan air dengan cepat, serta membuang batu lumpur dan benda-benda asing lainnya yang terperangkap.

Baca juga: Pilihan SUV Bekas di Bawah Rp 70 Juta per Februari 2022

Tyre Guide di Rally Internasional Camel Trophy Indonesia Sumatra Tribute 2022

Tyre guide Accelera M/T-01PT. Elangperdana Tyre Industry Tyre guide Accelera M/T-01

Peserta ajang reli ini wajib untuk menempelkan stiker tyre guide sebagai panduan mengenai tekanan angin yang harus digunakan pada ban Accelera M/T-01. Sebab tekanan angin yang diberikan bakal mempengaruhi performa ban ketika melintasi kondisi jalan yang berbeda.

Ban depan-belakang Accelera M/T-01 yang berukuran 235/85 R16 membutuhkan tekanan angin minimal yang direkomendasikan 25-45 Psi. Sementara tekanan angin maksimal yang direkomendasikan bisa mencapai 80 Psi.

Pada tyre guide tersebut dijelaskan pula rekomendasi lebar pelek, informasi beban yang bisa diangkut oleh ban (load index), serta batas kecepatan ban (speed index). Accelera MT/-01 mampu menahan beban hingga 1.400 kg tiap 1 ban.

Baca juga: Sudah Terbit, Ini Ketentuan Mobil Penerima Insentif PPnBM 2022

Accelera Mobile Service (AMS)

Potret Accelera Mobile Service (AMS)PT. Elangperdana Tyre Industry Potret Accelera Mobile Service (AMS)

Tidak cuma dukungan berupa ban mobil, Accelera juga menyediakan Accelera Mobile Service (AMS) berupa truk ringan yang disulap jadi layanan mobile service lengkap dengan peralatan penunjang kegiatan otomotif.

Bentuk support AMS adalah mengecek kesiapan dari ban Accelera M/T-01 peserta, dan mengawal kegiatan tersebut dari awal hingga di akhir acara. Jika ada kendala atau masalah saat agenda berlangsung, maka AMS akan memberikan bantuan dan pelayanan.

"Di sepanjang jalan juga jika diperlukan jaringan toko PT. Elangperdana Tyre Industry akan ikut mensukseskan acara ini," kata Dicky Mursalie.

Sejumlah peralatan yang tersedia di AMS antara lain adalah alat buka-pasang pasang yang mendukung pelek lebar hingga 12,5 inci, balancer alias alat penyeimbang presisi, serta tentunya satu sek dongkrak lengkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com