Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar dari Kecelakaan Anak Gubernur Kaltara, Jangan Panik dan Lakukan Ini

Kompas.com - 09/02/2022, 15:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Kecelakaan tunggal yang menewaskan anak Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang, AKP Novandi Arya Kharizma di kawasan Senen, Jakarta Pusat, menyebabkan kendaraan tersebut mengalami kebakaran. Belum diketahui apa penyebab kebakaran itu.

"Mungkin (menabrak) dengan kecepatan yang cukup tinggi sehingga kemudian menabrak separator itu menimbulkan percikan api. Tapi lebih jauh terjadinya kebakaran ini masih dalam penyelidikan," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Rabu (9/2/2022).

Baca juga: Ini 3 Faktor yang Bisa Bikin Mobil Terbakar

Banyak faktor yang bisa menyebabkan mobil yang mengalami kecelakaan terbakar. Tapi, dalam kecelakaan tersebut pengemudi atau penumpang masih sadarkan diri, sebaiknya jangan panik ketika mengetahui mobil terbakar.

Ilustrasi mobil terbakar.SHUTTERSTOCK Ilustrasi mobil terbakar.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, banyak pengemudi mobil yang tidak siap dan panik ketika menghadapi kendaraannya yang terbakar karena takut menyambar ke tangki BBM dan meledak.

"Ketidaksiapan inilah yang membuat pikiran jadi blank dan panik, sehingga apa pun yang dilakukan pasti salah,” ujar Sony, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Marak Mobil Terbakar, Pahami Lagi Ragam Penyebabnya

Sony menambahkan, segera lakukan evakuasi dengan tenang. Dimulai dari melepas safety belt diri sendiri, kemudian baru penumpang lainnya.

Ilustrasi alat pemadam api ringan (APAR) di mobil.challengertalk.com Ilustrasi alat pemadam api ringan (APAR) di mobil.

"Setelah itu cari arah evakuasi yang jauh dari sumber api. Tidak disarankan untuk mengurusi barang bawaan atau barang yang tertinggal di dalam mobil karena nyawa adalah taruhannya," kata Sony.

Menurutnya, keselamatan diri adalah prioritas utama. Selain diri sendiri, penumpang lainnya juga merupakan prioritas untuk diselamatkan.

"Akan lebih baik jika mempersiapkan peralatan keselamatan saat berkendara, seperti alat pemadam api portabel untuk di mobil,” ujar Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com