Yamaha Fazzio Punya Ukuran CVT Pendek, Ini Kelebihannya

Kompas.com - 09/02/2022, 14:45 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sepeda motor hybrid Yamaha Fazzio yang baru meluncur mengusung mesin 125 cc yang sama basisnya dengan skutik Yamaha lainnya. Meski begitu, ada sedikit perbedaan, terutama pada sektor CVT.

Aji Handoko, Manager Techincal & Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, Yamaha Fazzio punya ukuran CVT yang lebih pendek.

Penyematan komponen dan desain CVT yang berbeda ini bukan tanpa alasan. Menurut Aji, ada beberapa dampak positif yang dihasilkan dari ukuran CVT pendek.

Baca juga: Liburan Pebalap MotoGP di Mandalika, Berjemur, Bersepeda dan Main Voli

Test ride Yamaha Fazzio di Bogor, Jawa Barat (3/2/2022).Dok. YIMM Test ride Yamaha Fazzio di Bogor, Jawa Barat (3/2/2022).

"Sebenarnya ada beberapa tujuan Yamaha Fazzio punya CVT yang lebih pendek. Hal yang paling utama untuk memaksimalkan akselerasi awal Yamaha Fazzio," ujar Aji (3/2/2022).

Ia juga mengatakan, selain bikin akselerasi jadi lebih ringan, ada kelebihan lain dari CVT yang lebih pendek ini.

"Konstruksi CVT yang lebih pendek membuat posisi mesin Yamaha Fazzio jadi lebih mundur. Sehingga untuk area foot board (dek kaki) Yamaha Fazzio bisa lebih luas " ucap Aji.

Baca juga: Pentingnya Hasil Tes Pramusim MotoGP Mandalika buat Pebalap

Yamaha FazzioKOMPAS.com/ADITYO WISNU Yamaha Fazzio

Dengan begitu, bagian dek tengah Fazzio dapat dimanfaatkan konsumen untuk membawa barang belanjaan atau keperluan lainnya.

Apalagi Yamaha juga menyematkan hook atau gantungan tambahan, yang jumlahnya sampai dua buah di bagian tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.