Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urai Kemacetan, Polisi Uji Coba Contraflow di Jalur Jakarta-Bekasi

Kompas.com - 09/02/2022, 09:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Guna mengatasi kemacetan yang sering terjadi di Jalan Raya Bekasi arah Jakarta KM 23-24, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Jakarta Timur melakukan uji coba contraflow atau lawah arus.

Rencananya, lokasi contraflow akan berlangsung di depan Grand Cakung, Jakarta Timur, hingga 18 Februari mendatang.

AKBP Edy Surasa, Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Timur, mengatakan, uji coba itu dilakukan untuk mengatasi masalah kemacetan yang ditimbulkan karena adanya antrean kendaraan saat jam kerja.

Baca juga: Jakarta PPKM Level 3, Ganjil Genap Masih Berlaku di 13 Titik

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Jakarta Timur melakukan uji coba contraflow di depan Grand Cakung, mulai hari ini, Selasa (8/2/2022). Kepala Satlantas Jakarta Timur AKBP Edy Surasa mengatakan, uji coba itu akan dilakukan hingga 18 Februari 2022.Dok. TMC Polda Metro Jaya Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Jakarta Timur melakukan uji coba contraflow di depan Grand Cakung, mulai hari ini, Selasa (8/2/2022). Kepala Satlantas Jakarta Timur AKBP Edy Surasa mengatakan, uji coba itu akan dilakukan hingga 18 Februari 2022.

“Pertama itu karena lalu lintas memang padat, kemacetan terkadang juga sampai mengular panjang. Jadi kita lakukan uji coba contraflow dari jam 06.00-09.00 WIB,” ujar Edy, disitat dari Antara (8/2/2022).

Menurutnya, sistem contraflow bakal dievaluasi penerapannya. Apabila dianggap berhasil bukan mustahil akan dilanjutkan. Tapi ada juga kemungkinan untuk menghentikan kebijakan tersebut.

“Sejauh ini respon dari masyarakat sangat positif dan mendukung adanya contraflow ini. Ke depan kita akan lihat untuk kemungkinan diperpanjang menunggu situasi,” ucap Edy.

Baca juga: Viral, Unggahan Biaya Perbaikan Honda Jazz Ringsek Tembus Ratusan Juta Rupiah

Jasa Marga memberlakukan contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari sebelumnya mulai KM 61+000 sampai KM 47+000, menjadi dari KM 65+000 sampai dengan KM 47+000 arah Jakarta.Dok. Jasa Marga Jasa Marga memberlakukan contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari sebelumnya mulai KM 61+000 sampai KM 47+000, menjadi dari KM 65+000 sampai dengan KM 47+000 arah Jakarta.

Edy juga mengatakan, mobilitas masyarakat saat ini mungkin ada pengurangan karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat PPKM) level 3.

“Kita lihat saja, karena Jakarta sekarang memasuki PPKM level 3, apakah masih ada kepadatan di Jalan Arteri Bekasi apa tidak. Kalau tidak ada kepadatan, mungkin contraflow akan segera dihentikan,” kata Edy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com