Jangan Abaikan Kode-kode Mobil Bermasalah, Segera Cek

Kompas.com - 08/02/2022, 20:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik mobil dapat dengan mudah mengetahui jika ada komponen mobil yang bermasalah dari berbagai indikator.

Misal, menyalanya lampu indikator dan munculnya kode kerusakan atau Diagnostic Trouble Code (DTC) pada dasbor mobil.

Lampu indikator pada dasbor umumnya terdiri dari tiga warna, yaitu hijau, kuning dan merah. Masing-masing memiliki skala prioritasnya sendiri dan dilambangkan dengan ikon tertentu sesuai dengan komponen mesinnya.

Baca juga: Lampu Indikator Bensin Motor Nyala, Berapa Liter yang Tersisa di Tangki?

Warna hijau melambangkan komponen mesin yang sedang bekerja atau fitur yang sedang aktif pada mobil, sedangkan warna kuning dan merah menandakan bahwa ada komponen yang perlu dicek kembali sebelum mobil dioperasikan.

Dalam beberapa kasus, warna merah menandakan bahwa mobil tidak bisa dioperasikan sebelum komponen yang diinformasikan oleh indikator dicek kembali. Contohnya, kap mesin atau bagasi yang belum tertutup rapat, atau tangki bensin yang sudah mulai kosong.

Selain lampu indikator, kerusakan komponen mobil juga bisa dilihat dari kode Diagnose Trouble Code (DTC). Berbeda dengan lampu indikator, DTC berbentuk kode huruf dan angka.

Speedometer Suzuki XL7SUZUKI INDOMOBIL SALES Speedometer Suzuki XL7

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi menjelaskan, ada kode notifikasi yang muncul untuk menandakan kerusakan tersebut.

"Nanti dia akan muncul kode notifikasi, atau bahasa teknisnya DTC. Sepanjang kalau dia enggak muncul DTC, keabnormalan, bisa dikatakan siap atau masih berfungsi," ujar Bambang pada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Tips Menyalip Menggunakan Mobil Transmisi Matik

Ia menjelaskan, indikator ini akan muncul jika ada komponen kabel atau sensor mobil yang bermasalah.

DTC berbeda dengan lampu indikator atau lampu-lampu peringatan pada dasbor mobil, namun memiliki fungsi yang sama, yaitu mengindikasikan bahwa ada komponen mobil yang harus dicek.

Tergantung jenis mobilnya, DTC bisa muncul langsung pada dasbor atau harus dipindai menggunakan scanner tools. Kode yang muncul merepresentasikan kerusakan komponen mesin mobil, layaknya lampu indikator pada dasbor.

Bambang mengatakan, arti kode juga bisa dicek di badan atau bengkel resmi mobil tersebut.

"Itu kalau di badan resmi, bisa dicek dan dilihat," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.