Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Marshal Lokal Siap Kawal Tes Pramusim MotoGP di Mandalika

Kompas.com - 08/02/2022, 11:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah 338 marshal lokal bakal ditugaskan mengawal tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, NTB, pada 11-13 Februari mendatang.

Para marshal itu terdiri atas 198 orang yang bertugas di ajang World Superbike 2021 di Mandalika, 69 marshal rekrutan baru, 51 anggota Brimob, dan 20 personel Badan SAR Nasional.

Marshal lokal yang direkrut berasal dari masyarakat Lombok, khususnya warga yang tinggal di sekitar sirkuit.

Baca juga: Impresi Pertama Jajal Yamaha Fazzio, Motor Ringan tapi Bantingan Kaku

Sebanyak 338 marshal siap mengawal tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, pada 11-13 Februari 2022.DOK. MGPA Sebanyak 338 marshal siap mengawal tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, pada 11-13 Februari 2022.

Proses perekrutan warga lokal tersebut melibatkan komunitas otomotif NTB dan Karang Taruna Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Sedangkan untuk anggota Brimob dan Basarnas yang bertugas sebagai marshal, bakal bertugas sebagai radioman.

“Marshal-marshal lokal yang kami rekrut dan kami latih ini sifatnya adalah volunteer. Kami ingin menumbuhkan jiwa memiliki dan bangga pada wilayah mereka sendiri,” ujar Priandhi Satria, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), disitat dari Antara (7/2/2022).

Baca juga: Rest Area Gunung Mas Puncak Selesai Dibangun, Bisa Tampung 500 Mobil

Para marshal mengibarkan bendera pada rangkaian event WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika pada 19-21 November 2021.KOMPAS.com/Mochamad Sadheli Para marshal mengibarkan bendera pada rangkaian event WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika pada 19-21 November 2021.

“Sehingga mereka memiliki andil yang besar dalam jalannya sebuah perhelatan balap,” kata Priandhi.

Untuk diketahui, saat ini para marshal yang akan bertugas sedang mengikuti tes pelatihan intensif yang disiapkan oleh PT Pengembang Pariwisata Indonesia (Persero) ITDC, MGPA, dengan melibatkan Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai instruktur pelatihan.

“Pemenuhan marshal berkualitas merupakan hal yang krusial dalam penyelenggaraan sebuah event balap,” ucap Priandhi.

“Oleh karena itu, di bawah koordinasi IMI pusat maupun NTB secara bersama-sama juga telah memberikan pelatihan guna meningkatkan kemampuan marshal yang kami rekrut,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com