Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Jika Mobil Pakai Ban Beda Merek

Kompas.com - 07/02/2022, 18:31 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Ban merupakan salah satu komponen paling vital pada mobil karena satu-satunya komponen yang bersentuhan dengan aspal atau tanah.

Oleh karena itu, kondisi ban harus selalu dalam keadaan yang baik. Mobil terdiri dari empat ban, apabila salah satu ban sudah tidak layak pakai, maka harus segera diganti agar berkendara lebih nyaman dan aman.

Namun apakah menggunakan ban dengan merek yang berbeda aman bagi keselamatan berkendara?

Baca juga: Cara Aman Dirikan Moge yang Jatuh

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan jika setiap merek ban akan berbeda satu sama lain.

“Jika mereknya berbeda, otomatis pattern pada ban berbeda. Ukuran ban semua sama, namun pattern berbeda sedikit saja menggangu keseimbangangan saat mobil melaju,” kata Sony baru-baru ini pada Kompas.com.

Menurut Sony, perbedaan melajukan mobil dengan menggunakan ban berbeda merek memang tidak signifikan. Namun perbedaan itu akan sangat terasa bila kecepatan mobil di atas 60 kpj.

Ilustrasi ban mobil. PIXABAY/E BOUWEN Ilustrasi ban mobil.

Apalagi bila melalui jalan dengan kondisi yang jelek, licin karena hujan atau sebagainya. Mobil akan mudah hilang keseimbangan sehingga sangat membahayakan.

Masing-masing merek ban punya keunggulan pattern sebagai daya jual. Oleh karena itu, tiap merek ban ada yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Baca juga: Hasil Tes Pramusim Hari Kedua MotoGP 2022 Sepang, Ducati Jadi Raja

Bahkan, grip tiap merek ban berbeda dengan merek yang lainnya. Jika menggunakan ban dengan merek yang berbeda, maka grip ban yang digunakan akan berbeda dengan ban yang sudah terpasang di mobil sebelumnya.

Sony menyarankan, jika mengganti ban hendaknya harus mencari merek yang sama agar ukuran dan pattern pada ban sama. Dengan begitu, pengemudi akan terhindar dari kondisi mobil yang tidak seimbang.

Jika dari sisi keamanan, ban mobil boleh beda-beda untuk depan dan belakang. Tetapi kalau ban mobil kanan dan kiri harus sama ukuranya maupun mereknya.

“Kalau depan belakang boleh beda. Kanan kiri harus sama. Baik itu tingginya lebarnya, termasuk paturnya. Untuk dapat pattern yang sama harus merek yang sama,” imbuh Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com