Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Mobil Pakai Pelek Replika Apakah Aman?

Kompas.com - 03/02/2022, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengganti pelek mobil bisa menjadi langkah awal untuk melakukan modifikasi. Namun, ada beberapa pertimbangan ketika mau membeli pelek, salah satunya adalah budget.

Jika memiliki budget yang terbatas, pele replika bisa menjadi pilihan dibanding original. Bentuknya yang mirip namun dengan harga yang lebih murah menjadi nilai tambah dari memilih pelek replika dibanding original.

Tapi, jika mobil digunakan harian, apakah aman modifikasi menggunakan pelek replika?

Baca juga: Modifikasi Pelek Bisa Pengaruhi Konsumsi BBM

Mitsubishi Xpander modifikasi yang menggunakan pelek replika VolksracingGridOto.com Mitsubishi Xpander modifikasi yang menggunakan pelek replika Volksracing

Bambang Widjanarko, Rim & Tire Consultant serta Wakil Ketua Aptrindo Jawa Tengah dan DIY mengatakan, pelek replika yang dijual sudah dibuat di pabrik yang punya kualitas baik, namun memang tidak punya lisensi atau hak cipta dari model pelenya.

“Kualitas yang dibuat pabrik pelek replika itu tetap baik. Replika dari Thailand, Taiwan dan China bisa dikatakan yang terbaik untuk menjiplak pelek dari Jepang, Jerman, Amerika atau Swiss,” ucap Bambang kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Bambang menjelaskan, perbedaan lain anatara pelek replika dengan original adalah campuran bahan yang digunakan. Misalnya untuk pelek original, campuran bahan magnesium lebih banyak daripada pelek replika.

Baca juga: All New Honda Vario 160 Resmi Meluncur, Adopsi Mesin PCX

“Kadar magnesium yang lebih banyak membuat pelek original lebih enteng. Jadi yang membedakan replika dan original hanya di bobotnya saja yang lebih berat,” kata Bambang.

Menurut Bambang, pelek replika aman saja untuk digunakan, yang bahaya yaitu membeli pelek rekondisi. Pelek rekondisi merupakan pelek bekas yang sudah dipermak sehingga terlihat baru lagi, padahal bisa saja sudah ada retak-retak halus.

“Velg kalau sudah dipakai, lubang bautnya pasti akan longgar. Kemudian jika ada retak rambut atau halus di peleknya, saat digunakan akan semakin besar dan berpotensi pecah peleknya,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com