Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Mobil Terbakar di Tengah Perjalanan Bisa Meledak?

Kompas.com - 01/02/2022, 14:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus mobil terbakar sering kali terjadi saat di tengah perjalanan. Banyak yang bertanya-tanya, apakah mobil dapat meledak ketika muncul api dari balik kap mesin.

Pemikiran tersebut muncul karena referensi dari film-film aksi. Sehingga, tak heran banyak orang yang menyangka akan ada ledakan ketika mobil terbakar.

Baca juga: Waspada, Mencium Aroma Gosong Tanda Mobil Terbakar

Technical Support Division PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan, munculnya ledakan tergantung dari apinya. Jika api sampai mengenai tangki bensin, maka berpotensi untuk meledak.

Petugas berusaha memadamkan mobil Daihatsu Zebra B2791AJ yang terbakar di Jalan Trunojoyo, samping Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (4/2/2015). Mobil itu membawa lima tangki berisi ratusan liter bahan bakar minyak.  KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Petugas berusaha memadamkan mobil Daihatsu Zebra B2791AJ yang terbakar di Jalan Trunojoyo, samping Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (4/2/2015). Mobil itu membawa lima tangki berisi ratusan liter bahan bakar minyak. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

"Mungkin saja hawa panas di sekeliling tangki membuat tekanan di dalam tangki meningkat. Sehingga, dapat menyebabkan ledakan saat terkena api," ujar Didi, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Didi menambahkan, besarnya ledakan tergantung dari volume bensin yang ada di tangki. Secara teori, semakin sedikit bensin, maka semakin besar ledakannya.

Baca juga: Viral, Video Mobil Terbakar di Aceh Saat Melintasi Banjir

"Sebab, tekanan uap bensin di dalam tangki besar. Kalau bensinnya penuh, tekanannya tidak begitu besar," kata Didi.

Ilustrasi mobil terbakar.SHUTTERSTOCK Ilustrasi mobil terbakar.

Bambang Supriyadi, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, ledakan pada mobil bisa berasal dari tangki bensin atau ban.

"Meledak itu kan karena adanya tekanan pada ruang tertutup, dan yang berpotensi seperti itu hanya tangki dan ban," ujar Supri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com