Mitos atau Fakta, Mobil Terbakar di Tengah Perjalanan Bisa Meledak?

Kompas.com - 01/02/2022, 14:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus mobil terbakar sering kali terjadi saat di tengah perjalanan. Banyak yang bertanya-tanya, apakah mobil dapat meledak ketika muncul api dari balik kap mesin.

Pemikiran tersebut muncul karena referensi dari film-film aksi. Sehingga, tak heran banyak orang yang menyangka akan ada ledakan ketika mobil terbakar.

Baca juga: Waspada, Mencium Aroma Gosong Tanda Mobil Terbakar

Technical Support Division PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan, munculnya ledakan tergantung dari apinya. Jika api sampai mengenai tangki bensin, maka berpotensi untuk meledak.

Petugas berusaha memadamkan mobil Daihatsu Zebra B2791AJ yang terbakar di Jalan Trunojoyo, samping Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (4/2/2015). Mobil itu membawa lima tangki berisi ratusan liter bahan bakar minyak.  KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Petugas berusaha memadamkan mobil Daihatsu Zebra B2791AJ yang terbakar di Jalan Trunojoyo, samping Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (4/2/2015). Mobil itu membawa lima tangki berisi ratusan liter bahan bakar minyak. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

"Mungkin saja hawa panas di sekeliling tangki membuat tekanan di dalam tangki meningkat. Sehingga, dapat menyebabkan ledakan saat terkena api," ujar Didi, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Didi menambahkan, besarnya ledakan tergantung dari volume bensin yang ada di tangki. Secara teori, semakin sedikit bensin, maka semakin besar ledakannya.

Baca juga: Viral, Video Mobil Terbakar di Aceh Saat Melintasi Banjir

"Sebab, tekanan uap bensin di dalam tangki besar. Kalau bensinnya penuh, tekanannya tidak begitu besar," kata Didi.

Ilustrasi mobil terbakar.SHUTTERSTOCK Ilustrasi mobil terbakar.

Bambang Supriyadi, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, ledakan pada mobil bisa berasal dari tangki bensin atau ban.

"Meledak itu kan karena adanya tekanan pada ruang tertutup, dan yang berpotensi seperti itu hanya tangki dan ban," ujar Supri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.