Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Pranowo Geber Moge Kawasaki ER-6n

Kompas.com - 30/01/2022, 15:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Naik sepeda motor adalah cara untuk bersenang-senang. Karena itu tak sedikit publik figur, politisi hingga pejabat senang mengendarai sepeda motor di waktu luang.

Salah satu yang diketahui suka dengan motor ialah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Dia bahkan tak segan membagikan foto-fotonya sedang mengendarai motor di media sosial.

Seperti dikutip Kompas.com di akun Instagram resmi Ganjar pada Minggu (30/1/2022). Pria berambut putih itu membagikan dua foto mengendarai motor besar Kawasaki ER-6n berwarna merah.

"OTW," tulisnya singkat tanpa penjelasan.

Baca juga: Jelang Tes Pramusim MotoGP 2022 di Mandalika, Ada 4 Prioritas Pekerjaan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ganjar Pranowo (@ganjar_pranowo)

 

Motor ini memang kerap terlihat di akun instagram pribadinya. Tahun lalu Ganjar juga pernah blusukan ke sebuah SD di Growong Magelang, Jawa Tengah, menggunakan motor.

Kawasaki ER-6n pernah dijual di Indonesia dipasarkan Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Namun saat ini sudah tidak diproduksi dan digantikan dengan Kawasaki Z650.

ER-6n merupakan salah satu moge yang nyaman dikendarai dengan posisi duduk yang tidak terlalu menunduk motor ini nyaman dikendarai buat harian. Tenaganya besar, dan saat ini harganya sudah lumayan ramah di kantong.

Angga Jonathan, pemilik showroom RND Motorsport di Cakung, Jakarta Utara, mengatakan, harga seken atau motor bekas ER-6n cukup terjangkau berkisar Rp 70-Rp 90 tergantung kondisi.

“Untuk moge seken pilihannya biasanya Kawasaki ER-6N atau Royal Enfield Classic 500,” ujar Angga, kepada belum lama ini.

Baca juga: Honda Lead 125, Sepupu Vario yang Pakai Teknologi Mesin PCX160

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengendarai motor.Foto: Akun Twitter pribadi Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengendarai motor.

“Itu kisaran harganya sekitar Rp 70 jutaan sampai Rp 90 jutaan. Tapi pembeli harus pintar mengecek surat-suratnya, karena banyak juga yang jual moge bodong,” katanya.

Iman, pemilik ER-6n yang juga berwarna merah mengatakan, saat ini harga motornya dipasar berkisar Rp 60-Rp70 jutaan tergantung kondisi. Makin mulus pastinya harga lebih mahal.

"Kalau pajak sekitar Rp 1,5 juta," katanya kepada Kompas.com, Minggu (30/1/2022).

ER-6n merupakan motor bergaya street fighter dan merupakan versi telanjang dari Kawasaki Ninja 650. Mesinnya berkapasitas 650 cc, 2-silinder menghasilkan 71 tk pada 8.500 rpm dan torsi 64 Nm di 7.000 rpm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com