Kompas.com - 29/01/2022, 10:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia sudah memasuki musim hujan sejak akhir 2021 dan masih berlangsung hingga awal tahun ini. Bagi para pengendara sepeda motor, tentu penting untuk membawa jas hujan agar bisa melindungi tubuh dari basah.

Tapi, tak semua orang yang sadar akan pentingnya jas hujan. Banyak yang asal memilih jas hujan sembarangan, baik dari modelnya atau kualitasnya.

Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, ketika pengendara sepeda motor hendak membeli jas hujan, sebaiknya jangan asal memilih. Untuk itu, Suzuki memberikan beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika hendak memilih jas hujan.

Baca juga: Tips Cegah Helm Bau Apak Saat Musim Hujan

1. Tidak Memakai Jas Hujan Model Ponco
Meski banyak orang yang tidak memperhatikan model jas hujan karena dianggap tidak penting, ternyata model jas hujan dapat mempengaruhi fungsi dan keselamatan bagi pengendara.

Ilustrasi berkendara saat hujanastramotor.co.id Ilustrasi berkendara saat hujan

Sebaiknya, hindari model jas hujan ponco karena dapat membahayakan keselamatan. Desainnya yang seperti jubah, membuat bagian bawah jas hujan ponco berisiko tersangkut di roda atau gir rantai sepeda motor.

Selain itu, jas hujan ponco juga tidak efektif untuk melindungi pengendara dari air hujan. Sebab, modelnya yang mudah berkibar. Model jas hujan yang disarankan adalah model press agar lebih rapat dan tidak ada celah air masuk.

2. Perhatikan Ukuran Jas Hujan
Ukuran jas hujan dapat mempengaruhi kenyamanan yang berpotensi membahayakan keselamatan. Untuk itu, carilah ukuran jas hujan yang sesuai dengan bentuk tubuh, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Baca juga: Musim Hujan Banyak Jalan Berlubang, Ini Tips buat Pengendara Motor

Jas hujan yang terlalu besar akan menumpuk atau terlipat di beberapa bagian dan dapat tersangkut di roda maupun gir rantai. Sedangkan jas hujan yang terlalu kecil, dapat membuat ruang gerak menjadi terbatas dan tidak berfungsi menutupi pakaian dan tubuh dari terpaan air hujan.

Jas Hujan Foto: Motorplusonline Jas Hujan

3. Perhatikan Kualitas Jas Hujan
Bahan jas hujan juga perlu diperhatikan agar tidak mengganggu kenyamanan. Jas hujan berbahan parasut dapat membuat penggunanya kepanasan dan tidak nyaman ketika bergerak dan bernapas, sedangkan jas hujan dari bahan plastik pada umumnya tidak awet karena mudah sobek.

Bahan jas hujan yang disarankan adalah coating glossy atau bahan bening yang anti embun, misalnya jas hujan dari bahan polyvinyl chloride (PVC) yang tebal dan kedap.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.