Kompas.com - 19/01/2022, 12:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat musim hujan, salah satu musuh utama pengendara sepeda motor adalah helm yang lembab. Jika tidak merawatnya dengan tepat, bagian dalam helm bisa berjamur dan berbau tidak sedap.

Ahmad M dari komunitas Belajar Helm menjelaskan, saat musim penghujan dan jarang menemukan kondisi cuaca cerah untuk menjemur helm, maka cukup letakkan helm dalam posisi terbalik.

Dengan membalikkan posisi helm selama sekitar satu jam, maka udara lembab dalam helm yang timbul usai dipakai penggunanya bisa segera keluar.

Baca juga: Yamaha XMAX Meluncur dengan Warna Baru, Dijual Rp 62 Juta

“Biarkan helm secara terbalik kira-kira satu jam, kemudian taruh kembali dalam keadaan normal. Kalau tidak dibalik, biasanya gampang berjamur di bagian kain dalam helmnya,” kata Ahmad kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Busa helm juga bisa kadaluarsa.Kompas.com/Setyo Adi Busa helm juga bisa kadaluarsa.

Apabila bagian dalam helm sudah terlalu basah karena keringat bercampur air hujan, cara mengeringkannya cukup diangin-anginkan. Jangan dijemur langsung di bawah sinar matahari karena berdampak buruk pada bagian dalam helm.

“Mengeringkan helm cukup pakai kipas angin saja. Dalam waktu tiga jam juga kering kalau pakai kipas angin terus menerus. Kalau di jemur efeknya membuat bagian Expanded Polystyrene/Styrofoam (EPS) cepat getas,” ujar ia melanjutkan.

Baca juga: Selisih Rp 300.000, Ini Beda Kedua Varian Yamaha Fazzio

EPS merupakan bagian peredam yang menempel di bagian dalam batok helm. Jika getas, kemampuan meredam hantaman bisa berkurang, sehingga aspek keamanan dari helm tidak maksimal.

Jika ingin menjemur helm, cukup lepas bagian busanya dan jemur secara terpisah agar bagian EPS tetap aman.

“Bagian busa yang bisa dicopot di helm, boleh dilepas agar lebih cepat kering. Tetapi untuk batok helmnya, cukup diangin-angin saja,” kata Ahmad.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.