Kenapa Mobil Matik Masih Bisa Maju Sedikit Saat Tuas Sudah di P?

Kompas.com - 28/01/2022, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan mobil bertransmisi manual, pada mobil bertransmisi otomatis atau mobil matik terdapat transmisi P. Fungsinya adalah mencegah mobil bergerak saat sedang parkir.

Tak sedikit yang penasaran bagaimana kerjanya. Banyak juga orang yang bertanya-tanya, mengapa mobil masih bisa sedikit maju atau mundur meski transmisi sudah berada di posisi P.

Penjelasannya diunggah oleh akun Instagram @_techmech melalui video singkat. Pada video tersebut terlihat bagaimana cara kerja transmisi P pada mobil matik.

Baca juga: Parkir Mobil Transmisi Matik di Tanjakan, Jangan Cuma Pakai Gigi P

Saat tuas transmisi berada di posisi P, tuas tersebut mengaktifkan sebuah mekanisme pada cam. Lalu, cam akan mendorong parking pawl sehingga mengait pada gir yang ada di transmisi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ENGINEERING & TECH | TECH MECH (@_techmech)

"Pawl itu menghubungkan tuas dengan pengunci di transmisi matik yang terhubung dengan output shaft. Fungsinya untuk menahan gerak mobil saat tuas persneling ada di posisi P," ujar Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis mobil matik Worner Matic, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Selama pawl tersebut mengunci, gir pada transmisi tidak akan bisa bergerak, baik ke depan atau ke belakang. Tapi, terkadang saat tuas diposisikan ke P, parking pawl tidak langsung mengait pada lubang di gir transmisi.

Sehingga, ketika mobil bergerak maju ke depan dan gir ikut bergerak, pawl baru akan mengunci ketika sudah masuk ke lubang yang terdapat di gir tersebut.

Baca juga: Mengapa Posisi Ban Harus Lurus Saat Mobil Parkir

Terlihat komponen yang mencegah mobil untuk bergerak jauh ke depan hanya sekecil itu. Sehingga, banyak pabrikan mobil yang tidak menyarankan hanya mengandalkan tranmisi P saat parkir.

Tuas transmisi CVT dan rem parkir elektris milik Mitsubishi Xpander terbaru.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tuas transmisi CVT dan rem parkir elektris milik Mitsubishi Xpander terbaru.

Sebaiknya, transmisi P juga dibantu oleh penggunaan rem tangan. Khususnya, saat parkir di tanjakan atau turunan.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, jika hanya menggunakan gigi P maka mekanisme pada transmisi matik akan berat untuk menahan giginya.

"Transmisi matik ada mekanisme pengunci atau pawl lock yang mengunci gigi transmisi agar tidak berputar. Namun kalau hanya memanfaatkan pawl lock, mekanisme ini akan berat menahan giginya. Sebaiknya dibantu dengan rem parkir," kata Didi kepada Kompas.com, Rabu (26/1/2022).

Jangan juga mencoba untuk memindahkan tuas transmisi ke P pada saat mobil sedang melaju. Sebab, dapat menyebabkan kerusakan pada transmisi. Perbaikannya juga tidak mudah dan tidak murah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.