Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Mobil Matik Masih Bisa Maju Sedikit Saat Tuas Sudah di P?

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan mobil bertransmisi manual, pada mobil bertransmisi otomatis atau mobil matik terdapat transmisi P. Fungsinya adalah mencegah mobil bergerak saat sedang parkir.

Tak sedikit yang penasaran bagaimana kerjanya. Banyak juga orang yang bertanya-tanya, mengapa mobil masih bisa sedikit maju atau mundur meski transmisi sudah berada di posisi P.

Penjelasannya diunggah oleh akun Instagram @_techmech melalui video singkat. Pada video tersebut terlihat bagaimana cara kerja transmisi P pada mobil matik.

Saat tuas transmisi berada di posisi P, tuas tersebut mengaktifkan sebuah mekanisme pada cam. Lalu, cam akan mendorong parking pawl sehingga mengait pada gir yang ada di transmisi.

Selama pawl tersebut mengunci, gir pada transmisi tidak akan bisa bergerak, baik ke depan atau ke belakang. Tapi, terkadang saat tuas diposisikan ke P, parking pawl tidak langsung mengait pada lubang di gir transmisi.

Sehingga, ketika mobil bergerak maju ke depan dan gir ikut bergerak, pawl baru akan mengunci ketika sudah masuk ke lubang yang terdapat di gir tersebut.

Terlihat komponen yang mencegah mobil untuk bergerak jauh ke depan hanya sekecil itu. Sehingga, banyak pabrikan mobil yang tidak menyarankan hanya mengandalkan tranmisi P saat parkir.

Sebaiknya, transmisi P juga dibantu oleh penggunaan rem tangan. Khususnya, saat parkir di tanjakan atau turunan.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, jika hanya menggunakan gigi P maka mekanisme pada transmisi matik akan berat untuk menahan giginya.

"Transmisi matik ada mekanisme pengunci atau pawl lock yang mengunci gigi transmisi agar tidak berputar. Namun kalau hanya memanfaatkan pawl lock, mekanisme ini akan berat menahan giginya. Sebaiknya dibantu dengan rem parkir," kata Didi kepada Kompas.com, Rabu (26/1/2022).

Jangan juga mencoba untuk memindahkan tuas transmisi ke P pada saat mobil sedang melaju. Sebab, dapat menyebabkan kerusakan pada transmisi. Perbaikannya juga tidak mudah dan tidak murah.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/28/134100515/kenapa-mobil-matik-masih-bisa-maju-sedikit-saat-tuas-sudah-di-p-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke