Parkir Mobil Transmisi Matik di Tanjakan, Jangan Cuma Pakai Gigi P

Kompas.com - 27/01/2022, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Parkir merupakan aktivitas terakhir dari proses berkendara. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat parkir di tanjakan.

Jangan sampai salah langkah sehingga nantinya mobil akan berjalan mundur sendiri yang mengakibatkan kerugian baik diri sendiri maupun orang lain.

Bagi pengguna mobil transmisi matik, tentu sudah ada perseling tersendiri yang disediakan untuk parkir yakni gigi P. Namun untuk parkir di tanjakan, penggunaan gigi P harus disertai rem parkir atau balok.

Baca juga: Estimasi Harga All New Honda HR-V

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, jika hanya menggunakan gigi P maka mekanisme pada transmisi matik akan berat untuk menahan giginya.

"Transmisi matik ada mekanisme pengunci atau pawl lock yang mengunci gigi transmisi agar tidak berputar. Namun kalau hanya memanfaatkan pawl lock, mekanisme ini akan berat menahan giginya. Sebaiknya dibantu dengan rem parkir," kata Didi kepada Kompas.com, Rabu (26/1/2022).

Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax.Kompas.com/Alsadad Rudi Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax.

Didi juga mengatakan, penggunaan gigi P pada saat parkir di tanjakan tidak berpengaruh terhadap mesin kendaraan. Hal ini dikarenakan mobil matik tidak menggunakan kopling melainkan torque converter.

Sementara untuk parkir aman di tanjakan bagi pengguna mobil matik, Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, sebenarnya kalau parkir di tanjakan tidak terlalu sulit untuk mobil matik.

Baca juga: Pemerintah Mulai Uji Coba Bensin Sawit RON 115

Sebab pada dasarnya mobil matik sudah menggunakan transmisi parkir yang sudah mengunci sehingga kemungkinan untuk mundur kecil. Namun tindakan ini memiliki resiko kerusakan gigi pada persneling mobil.

"Kalau mobil dengan transmisi matik sudah ada transmisi khusus untuk parkir yang bisa mengunci mobil agar tidak mundur, namun harus tetap ada tindakan preventif untuk jaga-jaga," ucap Marcell.

Marcell menjelaskan, beberapa tindakan prefentif yang dapat dilakukan agar mobil tidak mundur atau turun ketika parir di tanjakan yakni dengan membelokkan ban.

Ilustrasi wheel chocks untuk mengganjal roda saat parkir. Ilustrasi wheel chocks untuk mengganjal roda saat parkir.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.