Kompas.com - 27/01/2022, 18:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memegang tinggi penjualan mobil listrik nasional melalui Kona dan Ioniq EV. Bahkan, pembeli kedua mobil tersebut sekarang harus rela menunggu.

Menurut data penjualan wholesales dari Gaikindo, di sepanjang 2021, Kona mampu terjual hingga 360 unit. Sementara Ioniq EV, terjual hingga 228 unit.

Baca juga: Inden sampai 2022, Kona Mendominasi Penjualan Mobil Listrik Hyundai

Chief Operating Officer HMID Makmur, mengatakan, Kona dan Ioniq EV sekarang masih inden kira-kira sebulan. Keduanya masih didatangkan dari Korea Selatan.

Kendaraan listrik Hyundai Ioniq tengah melakukan pengisian daya di SPKLUKOMPAS.com/RULY KURNIAWAN Kendaraan listrik Hyundai Ioniq tengah melakukan pengisian daya di SPKLU

"Kona dan Ioniq EV sekarang naik harga karena peraturan pemerintah yang naik 15 persen. Tapi, untuk yang local production, itu tetap nol persen," ujar Makmur, kepada wartawan, saat ditemui di Bali, Rabu (26/1/2022).

Peraturan pemerintah yang dimaksud adalah PP Nomor 74/2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2019 Tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan Atas Barang Mewah. Peraturan tersebut sudah diberlakukan sejak 16 Oktober 2021.

Baca juga: Penjualan Mobil Listrik Positif, Hyundai Ioniq 5 Siap Diproduksi di Indonesia

"Makanya, Kona dan Ioniq EV sekarang ini naik. Kenaikannya cukup banyak, tapi kita ada subsidi. Sehingga, kenaikannya menjadi hampir Rp 40 juta," kata Makmur.

Saat ini, Kona tipe Signature dibanderol Rp 697 juta (OTR Jakarta). Sedangkan Ioniq, untuk tipe Prime harganya Rp 637 juta (OTR Jakarta) dan tipe Signature dijual dengan harga Rp 677 juta (OTR Jakarta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.