Komparasi Motor Hybrid, Honda PCX e:HEV dan Yamaha Fazzio

Kompas.com - 26/01/2022, 16:51 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Yamaha telah meluncurkan skutik retro terbaru, yang diberi nama Fazzio. Bisa dibilang ini merupakan motor pertama Yamaha mengusung embel-embel Hybrid-Connected.

Sementara di pasar Indonesia, motor ini jadi motor hybrid kedua, setelah Honda PCX e:HEV. Jika dibandingkan, tentu Fazzio jadi motor hybrid termurah di Tanah Air. Karena PCX merupakan skutik bongsor yang berada di kelas 150 cc, sementara Fazzio hanya 125 cc.

Secara umum, keduanya mengusung sistem hybrid yang sama. Di mana tenaga listrik secara simultan dengan mesin, hanya membantu akselerasi awal selama beberapa detik. Jadi bukan sistem hybrid seperti pada mobil yang bekerja bergantian tergantung kebutuhan pengendara.

Baca juga: Pemerintah Mulai Uji Coba Bensa, BBM dari Minyak Sawit

Yamaha FazzioKOMPAS.com/ADITYO WISNU Yamaha Fazzio

Namun Fazzio tidak dibekali baterai tambahan. Bahkan akinya masih sama dengan skutik 125 cc Yamaha lainnya, yakni aki model YTZ6V 5,3 Ah.

Sementara itu, PCX e:HEV memiliki motor assist, dengan tenaga 1,4 kW atau setara 1,8 tk dan torsi 4,3 Nm.

Di atas kertas, Fazzio memiliki tenaga 8,3 tk dan torsi puncak 10,6 Nm. Adapun PCX e:HEV tenaganya mencapai 16 PS atau setara 14 tk dan torsi 14,7 Nm.

Baca juga: Tidak Serempak, Ini Kendaraan yang Dapat Pelat Nomor Putih Duluan

Honda PCX e:HEV meluncur juga di ThailandAP Honda Honda PCX e:HEV meluncur juga di Thailand

Secara dimensi, jelas PCX e:HEV ini memiliki bodi yang lebih besar dengan panjang 1.936 mm, lebar 742 mm, serta tinggi 1.108 mm. Sedangkan Yamaha Fazzio mempunyai panjang 1.820 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1.125 mm.

Bicara soal fitur, kedua motor ini sudah dilengkapi dengan lampu depan LED, speedometer digital, tempat penyimpanan dengan colokan soket 12V, keyless entry, Idling Stop Start (ISS) dan lampu hazard.

Sebagai skutik bongsor, PCX e:HEV memiliki fitur yang lebih lengkap, dengan rem belakang cakram, driving mode, lampu belakang LED, Anti-lock Braking System (ABS) serta kapasitas bagasi dan tangki bahan bakar yang lebih besar, yakni 24 liter dan 8,1 liter.

Baca juga: Mau Bayar Pajak Kendaraan 5 Tahunan Bisa Pakai Cek Fisik Bantuan

Yamaha FazzioKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Yamaha Fazzio

Sedangkan, Yamaha Fazzio memiliki kapasitas bagasi 17,8 liter dengan ruang tangki bahan bakar sebesar 5,1 liter. Menariknya, Fazzio juga memiliki koneksi ke telepon genggam melalui Yamaha Motorcycle Connect.

Urusan harga, Fazzio Neo dibanderol Rp 21.700.000 dan Yamaha Fazzio Lux dibanderol Rp 22.000.000. Sementara Honda PCX e:HEV dijual Rp 43.750.0000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.