Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mudah Menjaga Suspensi Mobil Tetap Empuk

JAKARTA, KOMPAS.com - Suspensi merupakan salah satu bagian penting di mobil yang mampu meningkatkan kenyamanan berkendara. Apalagi, kendaraan digunakan dalam jarak yang cukup jauh.

Tetapi, tidak dimungkiri masih banyak pengendara atau pemilik mobil di Tanah Air yang kerap mengabaikan perawatannya. Hingga pada akhirnya kenyamanan pada mobil kesayangan jadi berkurang signifikan.

Padahal sebagaimana dikatakan oleh Kepala Bengkel Auto2000 Permata Hijau, Jakarta Barat, Edwin Dwi Novianto, perawatan suspensi sangatlah mudah dan bisa dilakukan secara mandiri.

"Pertama, tentu dengan melakukan perawatan servis rutin sehingga bisa mengetahui secara dini apabila terjadi abnormality di suspensi. Terkhusus di kendaraan pada umumnya," kata dia dalam keterangan tertulis.

Kemudian menurut Edwin, cara lainnya dengan memantau langsung di komponen yang berhubungan secara linier maupun tidak langsung ke suspensi itu sendiri.

"Seperti memastikan tekanan ban sesuai standar dan jaga kapasitas atas muatan mobil tidak melebihi batas normalnya supaya beban suspensi tak terlalu berat hingga berkerja lebih ekstra," katanya.

"Menjaga pola pengendaraan dan menghindari kondisi-kondisi jalan yang dapat mengakibatkan keausan berlebih pada ban dan kerusakan sistem suspensi juga penting," lanjut Edwin.

Tidak lupa, lakukan spooring dan balancing ke seluruh roda mobil secara berkala minimal setiap jarak tempuh mencapai 10.000 kilometer.

Apabila saat mobil berhenti terdapat cairan mencurigakan atau tidak umum di kolong, segera hubungi bengkel resmi terdekat. Termasuk jika suspensi sudah mengeluarkan bunyi yang cukup keras.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/26/150100715/cara-mudah-menjaga-suspensi-mobil-tetap-empuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke