Kompas.com - 26/01/2022, 10:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Honda CB150X hadir membuka kelas baru yaitu adventure touring di kelas entry level. Menjadi pilihan baru buat pengendara motor yang suka berpetualang.

Kompas.com sudah melakukan review tak lama usai peluncuran di GIIAS 2021. Kemudian tes perdana di fasilitas safety riding AHM, dan merasakan performanya saat touring di Bandung, Jawa Barat.

Kini Kompas.com kembali menjajal CB150X buat harian. Kencan lebih intim selama beberapa hari agar makin dekat, dan merasakan apa saja keunggulan motor yang secara harga masih di bawah CBR150R.

Baca juga: Hati-hati, Ini Tanda Suspensi Mobil Minta Diganti

Honda CB150XKOMPAS.com/Gilang Honda CB150X

Naik di atas CB150X hal pertama yang langsung terasa ialah jok lebih tinggi dari saudaranya yang versi naked. Tinggi jok CB150X ialah 817 mm sedangkan CB150R mempunyai tinggi 795 mm.

Buat pemilik postur dengan tinggi di bawah 170 cm akan membuat kaki jinjit tapi masih cukup nyaman. Adapun jika pakai satu kaki tetap bisa menapak sempurna.

Motor lebih jangkung karena Honda memperpanjang suspensi depan. Tujuannya agar motor lebih tangguh melewati jalan rusak dan punya ground clereance lebih tinggi jadi 181 mm.

Kemudian riding position juga beda dengan CB150R terutama dari posisi setang yang tinggi dan lebar. Membuat posisi tangan pengendara nyaman karena lebih tegak dan siku menekuk, sehingga lebih ergonomis.

Baca juga: Hati-hati, Ini Tanda Suspensi Mobil Minta Diganti

Honda CB150XKOMPAS.com/Gilang Honda CB150X

Posisi kaki tak beda jauh dengan CB150R, tapi karena perbedaan posisi setang tersebut maka motor terasa lebih sigap karena tangan lebih terbuka.

Kompas.com merasakan posisi duduk dan berkendara CB150X nyaman buat pemakaian sehari-hari. Saat jalan lenggang motor terasa stabil dan saat macet masih enak buat "nekuk" setang.

Saat dipakai jalan santai juga motor terasa nyaman. Jok mampu menopang bagian tubuh mulai dari pinggul ke atas. Setang standar pabrikan membuat tangan tidak mudah pegal.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.