Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Honda CB150X Buat Harian, Nyaman!

Kompas.com - 26/01/2022, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Honda CB150X hadir membuka kelas baru yaitu adventure touring di kelas entry level. Menjadi pilihan baru buat pengendara motor yang suka berpetualang.

Kompas.com sudah melakukan review tak lama usai peluncuran di GIIAS 2021. Kemudian tes perdana di fasilitas safety riding AHM, dan merasakan performanya saat touring di Bandung, Jawa Barat.

Kini Kompas.com kembali menjajal CB150X buat harian. Kencan lebih intim selama beberapa hari agar makin dekat, dan merasakan apa saja keunggulan motor yang secara harga masih di bawah CBR150R.

Baca juga: Hati-hati, Ini Tanda Suspensi Mobil Minta Diganti

Honda CB150XKOMPAS.com/Gilang Honda CB150X

Naik di atas CB150X hal pertama yang langsung terasa ialah jok lebih tinggi dari saudaranya yang versi naked. Tinggi jok CB150X ialah 817 mm sedangkan CB150R mempunyai tinggi 795 mm.

Buat pemilik postur dengan tinggi di bawah 170 cm akan membuat kaki jinjit tapi masih cukup nyaman. Adapun jika pakai satu kaki tetap bisa menapak sempurna.

Motor lebih jangkung karena Honda memperpanjang suspensi depan. Tujuannya agar motor lebih tangguh melewati jalan rusak dan punya ground clereance lebih tinggi jadi 181 mm.

Kemudian riding position juga beda dengan CB150R terutama dari posisi setang yang tinggi dan lebar. Membuat posisi tangan pengendara nyaman karena lebih tegak dan siku menekuk, sehingga lebih ergonomis.

Baca juga: Hati-hati, Ini Tanda Suspensi Mobil Minta Diganti

Honda CB150XKOMPAS.com/Gilang Honda CB150X

Posisi kaki tak beda jauh dengan CB150R, tapi karena perbedaan posisi setang tersebut maka motor terasa lebih sigap karena tangan lebih terbuka.

Kompas.com merasakan posisi duduk dan berkendara CB150X nyaman buat pemakaian sehari-hari. Saat jalan lenggang motor terasa stabil dan saat macet masih enak buat "nekuk" setang.

Saat dipakai jalan santai juga motor terasa nyaman. Jok mampu menopang bagian tubuh mulai dari pinggul ke atas. Setang standar pabrikan membuat tangan tidak mudah pegal.

Suspensi depannya upside down mirip seperti CB150R bedanya ialah suspensi ini lebih panjang 30 mm, membuat jarak main suspensi depan menjadi 150 mm.

Baca juga: Tips Agar Terhindar dari Tabrak Belakang di Jalan Tol

Honda CB150XFoto: KOMPAS.com/Gilang Honda CB150X

Soal kemampuan suspensi sudah pernah dijajal saat tes di sekitaran Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Hasilnya suspensi empuk dan mampu diandalkan melibas jalur makadam.

Sedangkan untuk jalur kota yang mayoritas aspal motor ini sangat nyaman terutama melewati beberapa ruas jalan yanng rusak dengan kontur aspal lepas atau sedikit berlubang.

Melewati kontur jalan rusak dengan banyak aspal lepas istilahnya motor tetap "anteng." Setang lebr dan tinggi menjadi jangkar, bentuk tagki besar juga memberi kemudahan untuk dikempit pakai paha.

Soal performa mesin CB150X pada dasarnya sama dengan saudaranya. bedanya ialah Honda melalukan penyesuaian agar tenaga motor ini lebih dimaksimalkan sesuai kebutuhan adventure di rentang menengah.

Baca juga: Renault Arkana Bakal Sapa Warga Indonesia Tahun Ini

Honda CB150XKOMPAS.com/Gilang Honda CB150X

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com