Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Mulai Uji Coba Bensin Sawit RON 115

Kompas.com - 26/01/2022, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB), pemerintah mulai melakukan uji coba pembuatan bensin dengan minyak sawit industri (Bensa) skala demo plant. Hal ini dilakukan menyusul kesuksesan Biodesel dan Bioavtur sebelumnya.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dalam kunjungan Lapangan Produksi Bensa Skala Pilot di Kudus, Jawa Tengah, mengatakan, ide dari bensin dan sawit sudah lama diinisiasi ITB, yang kemudian dua tahun lalu didorong agar bisa scale up dari hasil slaka laboratorium.

"Dari skala pilot plantnya yang ada sekarang ini 1.000 liter umpan per hari, itu sudah bisa dihasilkan juga bahan bakar Bensa yang pada saat katalisnya masih segar bisa menghasilkan bahan bakar dengan Research Octane Number (RON) 115, bahan bakar yang berkualitas tinggi," kata Arifin dalam keterangan resminya, Selasa (25/1/2022).

Menurut Arifin, Bensa sudah sesuai dengan tuntutan zaman di mana masyarakat dunia sudah lebih peduli dengan penggunaan energi yang ramah lingkungan. Nantinya akan mengarah ke energi yang bersi, energi yang bisa terbarukan.

Baca juga: Skema Kredit Suzuki Gixxer SF 250, DP Mulai Rp 7 Jutaan

Tak hanya itu, Arifin juga menjelaskan bahwa Bensa merupakan salah satu jenis bahan bakar nabati (BBN) yang perlu didorong pengembangannya guna mencapai kemandirian energi dengan mengurangi impor, baik Bahan Bakar Minyak (BBM) maupun LPG, yang terbukti membebani keuangan negara.

Ilustrasi kebun kelapa sawit terbesar di Indonesia. Perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia terdapat di Pulau Sumatera dan Kalimantan.Sinar Mas Agribusiness and Food Ilustrasi kebun kelapa sawit terbesar di Indonesia. Perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia terdapat di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Sayang, tak dijelaskan lebih detail terkait masalah uji coba Bensa menggunakan kendaraan bermotor. Padahal dalam foto terlihat bila bahan bakar sawit tersebut diisi ke tangki Honda PCX.

"Untuk itu langkah ini sudah tepat, tinggal bagaimana kita melaksanakanya agar proyek ini memiliki nilai komersial yang kompetitif," ujar Arifin.

"Kita harus berusaha bisa mandiri di bidang yang menjadi kebutuhan bangsa, misalnya seperti energi, kita punya sumber energi yang beragam yang belum dimanfaatkan. Batubara, sawit dari hasil perkebunan, kita upayakan untuk bisa ditingkatkan produksinya, kalau tidak, maka kita akan menjadi negara yang tergantung impor," katanya.

Meski masih dalam tahap pilot project dan butuh perjuangan panjang untuk komersial, tapi Arifin mengatkan dari skala laboratorium, dan pilot plan, sudah bisa mengambil parameter penting bagaimana menuju ke arah skala produksi.

Baca juga: Intip Desain Eksterior dan Interior Honda HR-V Facelift

Menteri ESDM uji coba bensin sawitESDM Menteri ESDM uji coba bensin sawit

Demo Plant Bensa merupakan unit produksi bensin sawit yang mengkonversi minyak sawit industrial (Industrial Vegetable Oil/IVO) menjadi bensin sawit, melalui proses perengkahan yang dikembangkan oleh Pusat Rekayasa Katalisis ITB (PRK ITB), Laboratorium Teknik Reaksi Kimia dan Katalis ITB (LTRKK ITB).

Proses konversi IVO menjadi bensin sawit, dilaksanakan dalam reaktor menggunakan katalis berbasis zeolite yang juga dikembangkan oleh PRK ITB dan LTRKK ITB. Sumber bahan baku demo plant berasal dari tandan buah sawit program replanting kebun rakyat di Kabupaten Musi Banyuasin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com