Kompas.com - 25/01/2022, 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - SUV ikonik Suzuki Jimny banyak digemari oleh masyarakat sejak generasi pertama hingga generasi ketiga yang baru meluncur pada 2019 lalu.

Sebagai informasi, Suzuki Jimny generasi kedua memulai produksi pada tahun 1982. Kemudian pada 1986 Suzuki menamai versi 4x2 Jimny menjadi Katana.

Jimny dan Katana pada tahun produksi yang sama memiliki model eksterior dan interior yang tidak jauh berbeda.

Meskipun setiap tahunnya pasti ada ubahan-ubahan minor seperti penggantian headlamp dari bulat menjadi kotak, bagian interior, dasbor dan sebagainya.

Baca juga: Bikin Suzuki Jimny 4x2 Jadi 4X4, Siapkan Duit Rp 20 Jutaan

Bagi sebagian orang awam, mungkin masih belum mengerti perbandingan Jimny dan Katana. Pada artikel ini redaksi akan mencoba membandingkan keduanya.

Dennis Emmanuel, pemilik dari bengkel spesialis modifikasi dan restorasi Jimny, MMC 4x4 mengatakan, perbandingan yang signifikan bisa dilihat dari Jimny yang paling tua dan Katana yang paling muda.

Sebagai contoh kami bandingkan Jimny SJ410 lansiran tahun 1982 dengan Katana produksi tahun 2006.

Ilustrasi Suzuki Katana saat awal meluncurTabloid Otomotif Ilustrasi Suzuki Katana saat awal meluncur

Pada Jimny lawas, masih menggunakan transmisi 4 percepatan, sedangkan Katana tahun 2006 memiliki transmisi manual 5 percepatan.

Untuk sektor mesin, baik Jimny tahun 1981 dan Katana 2006 tetap sama, yakni menggunakan mesin 1.000 cc 4 silinder dengan kode mesin F10A.

Selain itu, ada pula perbedaan baik dari sisi fitur maupun interior.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.