Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Ancol, Ada Tiga Lokasi Baru Disiapkan untuk Street Race

Kompas.com - 25/01/2022, 11:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya berencana kembali menggelar ajang balap jalanan atau street race di luar wilayah DKI Jakarta untuk memfasilitasi pecinta adu kecepatan yang kerap berlaga di jalan raya.

Sedikitnya, terdapat tiga lokasi yang akan ditetapkan sebagai lokasi dari ajang tersebut, yaitu kawasan BSD di Tangerang Selatan, Meikarta di Kabupaten Bekasi, dan Vida Bekasi Kota.

Hanya saja format dan skema yang digunakan tidak berubah yaitu sebagai ajang latihan yang merupakan hasil kesepakatan bersama dengan komunitas. Sehingga, tak ada juara dan hadiah.

Baca juga: Cara Aman Parkir Mobil di Lahan Parkir Umum

Para pebalap atau perwakilan saat sedang mendaftarkan diri untuk mengikuti street race di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022).KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL Para pebalap atau perwakilan saat sedang mendaftarkan diri untuk mengikuti street race di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022).
 Sebab, tujuan ajang street race ialah merangkul semua pembalap jalanan yang selama ini kerap melakukan aksi balap liar. Bukan mencari yang tercepat dari antara pembalap atau sepeda motor yang digunakan.

"Jadi tidak ada juara 1, 2, ataupun 3 melainkan latihan bersama. Para komunitas yang mengatur dan alhamdulillan format seperti ini dapat berjalan dengan lancar, aman, serta tertib," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Senin (24/1/2022).

"Tentu, everybody happy, penontonnya dapet, crowd-nya dapet,” lanjut dia.

Adapun kabar terkini mengenai lokasi balap di Tangerang dan Bekasi, belum putus karena masih dalam pembahasan termasuk waktu penyelenggaraan. Tapi rencananya, akan dimulai pada Februari 2022 mendatang.

Baca juga: Tips Anti Mundur Saat Menyetir Mobil Manual di Tanjakan

Street Race Ancol resmi dibuka oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moh Fadil Imran.Ruly Kurniawan/Kompas.com Street Race Ancol resmi dibuka oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moh Fadil Imran.
 Helatan ini juga diharapkan mampu mengurangi pelaku balap liar yang kerap meresahkan mayarakat.

Pihak Polda Metro Jaya mengaku sekarang sedang berkoordinasi mengatur waktu pelaksanaan balap jalanan agar tidak bentrok dengan beragam kondisi seperti lalu lintas sekitar.

“Nanti kita atur waktunya,” ucap Sambodo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com