Mengenal Merek Motor yang Pakai Singkatan dan Akronim

Kompas.com - 25/01/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Di dunia otomotif roda dua atau sepeda motor, ada banyak merek yang bertahan di pasaran sejak lama. Banyak merek motor tersebut yang diambil dari singkatan.

Namun, tak banyak orang yang tahu apa arti dari singkatan pada merek-merek motor yang saat ini mendunia, seperti BMW, KTM, BSA, Bimota, CFMoto Kymco, dan TVS. Berikut ini arti dari singkatan tersebut, dikutip dari Motopinas.com, Senin (24/1/2022):

Baca juga: Paten BMW Motorrad Bocor, Kembangkan Jok Canggih buat Bikers

BMW

Motor custom BMW R18 karya Shinya Kimura Foto: Rideapart Motor custom BMW R18 karya Shinya Kimura

BMW merupakan singkatan yang diambil dari bahasa Jerman, yakni Bayerische Motoren Werke. Kebetulan, jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris masih tetap BMW, yaitu Bavarian Motor Works.

Perusahaan ini pertama kali berdiri dengan nama Bayerische Flugzeugwerke AG pada 1916. Lalu, berganti nama menjadi BMW pada 1922. BMW sebelumnya membuat pesawat hingga Jerman kalah pada Perang Dunia I. Pada 1923, BMW akhirnya memproduksi motor pertamanya, yakni R 32.

Baca juga: Bos KTM Yakin MotoGP Pakai Mesin Bensin Hingga 2035

KTM

KTM Adventure 250Dok. KTM KTM Adventure 250

Pada 1934, perusahaan ini didirikan oleh seorang teknisi, Hans Trunkenpolz, di Mattighofen, Austria. Saat itu, KTM hanyalah bengkel mobil yang kecil. KTM sendiri diambil dari singkatan Kraftfahrzeug Trunkenpolz Mattighofen. Jika diterjemahkan menjadi Kendaraan Bermotor Trunkenpolz Mattighofen.

Tapi, nama tersebut belum didaftarkan. Pada 1951, KTM memperkenalkan prototype motor pertamanya, yakni R100, yang akhirnya mulai diproduksi pada 1953. Seorang pebisnis, Ernst Kronreif, menjadi pemegang saham terbesar di perusahaan tersebut. Namanya pun akhirnya diganti dan didaftarkan sebagai Kronreif & Trunkenpolz Mattighofen.

BSA

Logo BSA (Birmingham Small Arms Company Limited)Asphaltandrubber Logo BSA (Birmingham Small Arms Company Limited)

BSA adalah salah satu merek motor yang legendaris. Motor ini sudah dikenal sejak 1861. Namanya disingkat dari Birmingham Small Arms Company. Pada saat itu, BSA masih menjadi perusahaan manufaktur untuk senjata kecil dan amunisi untuk Kerajaan Inggris.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.