Cara Menggunakan Fitur Auto Hold pada Rem Tangan Elektris

Kompas.com - 25/01/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil sejuta umat atau low multi purpose vehicle (LMPV), mulai dari Avanza, Xenia, Veloz, dan Xpander, kini mulai masuk ke era baru. Salah satu yang paling kentara adalah, fitur rem parkir elektris atau electric parking brake.

Salah satu fitur unggulann yang ada pada electric parking brake, adalah auto hold. Kata yang mungkin bagi sebagian kalangan masih awam mendengarnya, terutama bagi konsumen di segmen LMPV.

Auto hold menjadi salah satu fitur canggih yang disematkan pada mobil transmisi matik dengan tuas rem parkir elektris. Kehadiran fitur ini  mempermudah pengemudi mengendarai mobil ketika menghadapi kondisi di jalan.

Jadi, fitur auto hold di hidupkan, pengemudi tidak perlu menekan pedal rem dengan kaki saat berada di tanjakan atau turunan. Ibaratnya, seperti lagi menarik tuas rem parkir pada mobil yang lebih konvensional.

Tapi, ada perbedaannya!

Pemilik sekaligus teknisi Worner Matic Hermas Efendi Prabowo mengatakan, pedal gas harus tetap ditekan pada saat mobil akan melaju kembali usai menggunakan fitur ini.

Baca juga: Tips Anti Mundur Saat Menyetir Mobil Manual di Tanjakan

Honda BR-V saat melewati tanjakan di Wisata Batu Lawang, Cirebon, Jawa Baratkompas.com Honda BR-V saat melewati tanjakan di Wisata Batu Lawang, Cirebon, Jawa Barat

“Untuk melaju tinggal tekan pedal gas, mobil akan otomatis akan melaju dengan sendirinya,” katanya pada Kompas.com baru-baru ini.

Jadi, perbedaannya ketika pengemudi kembali menekan pedal gas, fitur auto hold akan berhenti bekerja dengan sendirinya. Maka tidak perlu menekan tuas atau tombol auto hold para rem parkir elektris, ketika mau melajukan mobil.

Berbeda dengan rem parkir mekanis, di mana pengemudi harus menurunkan sekaligus membebaskan rem dari bekerja, sambil mengatur gas, supaya tidak kehilangan momentum di tanjakan.

“Seperti saat kita di lampu merah kita injak rem dan kita tahan beberapa saat. Konsepnya sama. Saat akan melaju juga tekan pedal gas,” kata Hermas.

Baca juga: Edukasi, Kunci Cegah Terjadinya Kecelakaan Truk akibat Rem Blong

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.