Ini Perbedaan Sistem Penggerak AWD dan 4WD

Kompas.com - 23/01/2022, 17:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada kendaraan roda empat, umumnya ada empat sistem penggerak roda yang dipakai sesuai dengan fungsi dan kebutuhan mobil tersebut.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, ada empat sistem penggerak yang saat ini lazim digunakan.

Empat sistem penggerak tersebut adalah front wheel drive (FWD), rear wheel drive (RWD), all wheel drive (AWD), dan four wheel drive (4WD).

Baca juga: Ketahui Apa Keuntungan Mobil dengan Sistem Penggerak Roda Depan

"FWD adalah mobil dengan penggerak roda dua yang menggunakan roda depannya sebagai penggerak," ujar Bambang, menyitat Kompas.com. Sedangkan RWD, ia menjelaskan bahwa tenaga yang dihasilkan oleh mesin dihantarkan ke roda belakang melalui gardan.

AWD dan 4WD sering dianggap sama, karena kedua sistem penggerak bisa menggerakan empat roda mobil sekaligus. Namun, ternyata ada cara kerja yang berbeda dari kedua sistem penggerak ini.

Kompas.com menjajal SUV Hyundai Palisade Signature AWD. Hyundai menawarkan kenyamanan dan fitur khas kendaraan premiumKompas.com/Setyo Adi Kompas.com menjajal SUV Hyundai Palisade Signature AWD. Hyundai menawarkan kenyamanan dan fitur khas kendaraan premium

1. AWD

Pada mobil berpenggerak AWD, sistemnya menggerakkan seluruh roda saat mobil bekerja. Apapun medan jalannya, sistem penggerak AWD akan tetap mengaktifkan seluruh roda.

Karena menggerakkan seluruh roda, mobil yang menggunakan penggerak AWD biasanya menggunakan bahan bakar yang relatif lebih banyak ketimbang mobil lainnya.

"Pengemudi tidak bisa memilih hanya menyalurkan tenaga roda dua atau roda empat, karena sistemnya permanen untuk roda empat," jelas Bambang.

Biasanya, mobil yang menggunakan sistem penggerak ini adalah mobil tipe SUV.

Baca juga: Jadi LSUV Terlaris 2021, Toyota Rush Bekas Dijual Mulai Rp 90 Jutaan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.