Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2022, 10:33 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di penghujung 2021 Yamaha resmi meluncurkan All New R15 dan R15M. Motor sport entry level Yamaha ini hadir dengan tampilan dan tambahan fitur baru.

Kompas.com sudah me-review R15M usai peluncuran dan merasakan performanya di Sirkuit Sentul, Jawa Barat. Kini Kompas.com menjajalnya selama beberapa hari.

Setelah mengulas desain, fitur dan rasa berkendara motor ini, Kompas.com mencoba melakukan tes tingkat konsumsi bahan bakar atau BBM dengan pemakaian dalam kota.

Baca juga: Pengendara di Indonesia Harus Jago Prediksi Bahaya di Jalan

Test ride Yamaha All New R15 dan R15MDok. YIMM Test ride Yamaha All New R15 dan R15M

Test rider Kompas.com memiliki tinggi 168 cm dan bobot 76 kg. Metode yang digunakan full-to-full. Cara ini dianggap cukup menggambarkan konsumsi harian dan dekat dengan kebiasaan konsumen.

Rute yang dipilih ialah jalan keseharian untuk beraktivitas. Waktunya bervariasi mulai pagi hingga malam, melewati jalan macet dan juga lengang. Pengendara berusaha berjalan senormal mungkin.

Bukaan gas tidak diatur lembut dan kecepatan motor menyesuaikan kondisi jalan. Tujuannya juga tidak mencari nilai konsumsi tertinggi.

Hitung-hitungannya ialah saat dipakai berkeliling kota menghasilkan jarak tempuh 158 km. Kemudian dibagi jumlah konsumsi bensin yaitu 3,85 liter. Hasilnya didapat 41,2 km per liter.

Baca juga: Toyota Yaris Jr Ikut Mejeng di Tokyo Auto Salon 2022

Test ride Yamaha R15M Livery World GP 60 Th AnniversaryFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Test ride Yamaha R15M Livery World GP 60 Th Anniversary

Hasil tersebut sedikit lebih tinggi dari hitungan rata-rata atau average yang ada di instrumen klaster sebesar 2,5 liter per 100 km atau setara 40 km per liter.

Di atas kertas R15M mengusung mesin 155.09 cc, satu silinder, 4-Stroke, SOHC, 4 Valve, VVA, berpendingin cairan. Diameter x langkah 58.0 x 58.7 mm dan ompresi 11.6±0.4 : 1.

Mesin mampu menghasilkan tenaga 19 tk atau 14,2 kW pada 10.000 rpm dan torsi maksimum 14,7 Nm pada 8.500 rpm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com