Vario dan Nmax Jadi Motor Penopang Ekspor Sepanjang 2021

Kompas.com - 22/01/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Penjualan ekspor sepeda motor pada tahun lalu mengalami peningkatan 14,78 persen dibandingkan pada 2020. Berdasarkan data AISI, ekspor sepeda motor dari Indonesia pada tahun 2021 mencapai 803.931 unit, naik dari tahun sebelumnya yang meraih 700.392 unit.

Melihat segmentasinya, sepeda motor jenis scooter memberikan kontribusi terbesar pada penjualan ekspor, yang menyumbang 70,29 persen dari total.

Kemudian, penjualan motor jenis underbone alias bebek berkontribusi 11,82 persen. Lalu, proporsi penjualan motor sport tercatat 17,89 persen.

Baca juga: Kecelakaan Truk di Rapak Balikpapan, Kenapa Sopir Tidak Buang Badan Truk ke Kiri?

Honda All New PCX alias PCX 160Dok. AHM Honda All New PCX alias PCX 160

Berdasarkan catatan PT Astra Honda Motor (AHM), sebanyak 392.829 unit motor berhasil dikirim dalam bentuk CBU. Artinya, AHM berkontribusi sekitar 49 persen dari jumlah ekspor keseluruhan.

Jika dilihat berdasarkan produk, segmen skutik menjadi kontributor ekspor terbesar yakni mencapai 92 persen.

Tercatat 363.000 unit berasal dari segmen motor skutik. Sementara penyumbang terbanyak adalah Honda Vario 125 dan Honda Vario 150 dengan total ekspor 299.616 unit, kemudian PCX 160 sebanyak 29.840 unit.

Baca juga: Fakta dan Kronologi Kecelakaan Truk Rem Blong di Rapak Balikpapan

Karyawan AHM melakukan proses perakitan sepeda motor New Honda Sonic 150R di pabrik AHM di kawasan Pegangsaan, Jakarta Timur.AHM Karyawan AHM melakukan proses perakitan sepeda motor New Honda Sonic 150R di pabrik AHM di kawasan Pegangsaan, Jakarta Timur.

Kurniawati Slamet, General Manager Overseas Business Division AHM, mengatakan, Honda memiliki komitmen kuat untuk peningkatan ekspor.

“Pencapaian ekspor AHM sepanjang tahun 2021 semakin membuktikan bahwa kualitas sepeda motor produksi anak bangsa memiliki daya saing yang tinggi dan semakin diminati oleh pengguna sepeda motor di pasar luar negeri,” ucap Kurniawati, disitat dari keterangan resmi (21/1/2022).

Sementara itu, Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengakui, segmen skutik memberikan kontribusi yang besar pada penjualan ekspor.

Baca juga: Marquez Genjot Terus Latihan, Setelah Portimao Langsung ke Aragon

Yamaha Nmax 155 Connected/ABS warna prestige silverFoto: Yamaha Yamaha Nmax 155 Connected/ABS warna prestige silver

“Kalau yang saat ini NMAX, kemudian XMAX, kemudian ada R25, R15, Aerox juga. Itu yang kita ekspor. (Paling banyak) iya Nmax,” ujar Anton, kepada Kompas.com belum lama ini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.