Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta dan Kronologi Kecelakaan Truk Rem Blong di Rapak Balikpapan

Kompas.com - 21/01/2022, 10:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BALIKPAPAN, KOMPAS.comKecelakaan truk tronton yang alami rem blong baru saja terjadi di Rapak, Balikpapan, Jumat (21/1/2022) pagi. Video yang memperlihatkan kejadian ini pun ramai diunggah ke Instagram.

Berdasarkan informasi yang redaksi terima, Ditlantas Polda Kalimantan Timur sudah mengamankan pengemudi truk tersebut. Ada beberapa fakta yang diungkapkan pada kejadian yang melibatkan puluhan kendaraan, serta korban jiwa empat orang.

Pertama, kecelakaan tersebut terjadi di lampu merah Muara Rapak pada hari Jumat (21/1/2022) pukul 06.15 WITA. Pengemudi berinisial MA (48) berasal dari Balikpapan Kota menyampaikan kronologinya.

Baca juga: Rem Blong, Truk Tronton Tabrak Banyak Kendaraan di Rapak Balikpapan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

 

Sopir truk tronton dengan pelat nomor KT 8534 AJ mulai mengemudi dari parkirannya di Jl. Pulau Belang KM.13, Balikpapan Utara pukul 05.00 Wita sambil membawa kontainer 20 feet dengan muatan kapur pembersih air seberat 20 ton, yang hendak diantar ke Kampung Baru Kalimantan Barat.

Sesampainya di depan Rajawali Foto KM 0,5, Sopir menurunkan gigi transmisi dari 4 ke 3. Kemudian saat melewati Bank Mandiri, rem sudah tidak berfungsi dan meluncur tidak terkendali sehingga menabrak kendaraan yang ada di depannya, kejadian terjadi di Traffic Light (TL) Muara Rapak saat menyala merah.

Baca juga: Komparasi Hyundai Creta Vs Honda HR-V, Mana yang Lebih Bertenaga?

Untuk jumlah korban, tercatat ada empat orang meninggal dunia, 21 orang luka-luka dan satu korban kritis. Kerusakan materi di antaranya lampu merah roboh, pagar pembatas jalan rusak.

Kemudian ada enam unit kendaraan roda empat yang rusak, yakni dua angkot, dua mobil pribadi, dan dua pikap. Sementara ada 14 unit kendaraan roda dua yang rusak pada kecelakaan tersebut.

Seluruh korban dibawa ke RSU Khanojoso dan RSU Beriman. Sementara, baru informasi ini yang redaksi terima mengenai kecelakaan di Rapak, Balikpapan pada Jumat pagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com