Jangan Bosan, Tips Aman Naik Motor Saat Hujan

Kompas.com - 18/01/2022, 18:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Terlihat sepele namun fatal, banyak pengendara sepeda motor yang lalai saat berkendara saat hujan. Padahal kondisi inilah beragam potensi bahaya mengintai kelengahan pemotor.

Pada awal 2022, hujan ternyata masih kerap terjadi dan merupakan ‘momok’ fatal bagi pengendara motor. Kondisi hujan membuat jalanan menyimpan beragam potensi kecelakaan.

Agus Sani, Head of Team Safety Riding Promotion (SRP) Main Dealer motor Honda Jakarta-Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS), mengatakan jangan bosan jaga keselamatan di musim hujan.

Baca juga: Daftar SUV Kompak Terlaris Selama 2021, Raize Menang Telak

Ilustrasi pengendara sepeda motor menerabas hujan.Foto: Wahana Ilustrasi pengendara sepeda motor menerabas hujan.

"Berkendara di musim hujan memerlukan trik tersendiri dan perhatian lebih. Kondisi jalanan yang basah bahkan tergenang banjir hingga jalanan rusak wajib diantisipasi dengan baik bagi pengendara," katanya dalam rilis resmi, Selasa (18/1/2022).

Langkah pertama adalah usahakan untuk mengecek selalu kesiapan motor mulai dari tekanan angin, kondisi lampu lampu, dan pengereman.

Kedua pastikan kondisi badan yang fit, karena berkendara di musim hujan perlu stamina kemampuan dan kejelian yang lebih.

Kondisi motor baik, lanjut untuk mempersiapkan perlengkapan seperti jas hujan dan pembungkus sepatu agar tidak basah untuk melibas hujan.

Baca juga: Ini Dampak Buruk Mobil Diesel Diisi Solar Kualitas Rendah

Ilustrasi pengendara sepeda motor menerabas hujan.Foto: Wahana Ilustrasi pengendara sepeda motor menerabas hujan.

Tidak disarankan sama sekali pengendara untuk menggunakan sandal dalam berkendara di kondisi hujan. Alas kaki menjadi satu kewajiban untuk hindari cedera.

"Nyawa adalah segalanya jadi jangan paksakan berkendara dengan kecepatan tinggi saat hujan sesibuk apapun kondisi yang dihadapi. Ketenangan emosional akan mempengaruhi kemampuan berkendara di jalan," katanya.

Kemudian pilih kondisi cuaca yang terbaik untuk melakukan perjalanan dengan motor. Artinya jika kondisinya hujan deras dan tidak memungkinkan lebh baik ditahan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.