Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Budget Tim WithU Yamaha RNF MotoGP 2022 Lebih Besar dari Tahun Lalu

JAKARTA, KOMPAS.com - WithU Yamaha RNF MotoGP Team yang musim lalu bernama Petronas Yamaha SRT harus mulai dari awal lagi di MotoGP 2022 setelah ditinggal Petronas.

Kehilangan sponsor besar rupaya tak membuat anggaran tim asal Malaysia itu terpengaruh dalam. Musim ini budget tim dipatok antara 11 juta -13 juta Euro atau setara Rp 179 miliar - Rp 212 miliar.

Untuk diketahui musim lalu bersama Petronas, tim Sepang Racing Team (SRT) mendapat kucuran dana di bawah 10 juta Euro untuk tiga kelas MotoGP, Moto2 dan Moto3, ditambah subsidi dari Dorna Sports sekitar 2,5 juta Euro.

“Membangun tim MotoGP kedua Anda tidak menyenangkan! Ini banyak pekerjaan, terutama ketika kami memulai perencanaan untuk tim ini hanya pada bulan September-Oktober,” kata Razali kepada Crash.net, Selasa (18/1/2022).

"Ini adalah tantangan untuk menarik sponsor besar. Tapi kami terus berjalan dan karena itu Anda melihat semua orang baru ini masuk, itu bagus," ungkapnya.

Razlan tak menampik bahwa musim 2022 akan jadi musim yang berat buat tim. Meski demikian ada optimisme yang muncul sebab hal baru baik sposor, kru dan pembalap, artinya kesempatan baru.

“Tahun pertama selalu yang paling sulit dan menantang menurut saya, jadi kami harus memastikan kami melewatinya dengan baik, aman secara finansial, memberikan kepercayaan tidak hanya kepada sponsor tetapi juga anggota tim," katanya.

“Pada saat yang sama, kami akan menggunakan tahun ini untuk membangun 3-5 tahun ke depan. Ini semua tentang membangun kembali dan rebranding. Semuanya dari awal tetapi kami juga memiliki pengalaman dari tiga tahun terakhir," katanya.

Razlan mengatakan dia tetap optimistis dapat menjalan tim dengan baik. Sebab setelah WithU akan ada beberapa sponsor potensial lain.

"Tentu saja, perbedaan antara sekarang dan sebelumnya adalah bahwa kami memiliki sponsor besar (Petronas). Tetapi kami mendapat WithU. Jika kami tidak dapat WithU, itu akan sangat bermasalah, tetapi WithU adalah yang pertama naik setelah Petronas," katanya.

"Kemudian perlahan-lahan sponsor saat ini melanjutkan dengan Barracuda, Green Power dan kemudian kami mengumumkan WRS, perusahaan kaca depan, dan kemudian perlahan-lahan kami mengumumkan semua orang lainnya," katanya.

"Minggu ini kami berharap untuk mengumumkan dua lagi, sebelum peluncuran tim minggu depan," ungkap Razlan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/18/153100615/budget-tim-withu-yamaha-rnf-motogp-2022-lebih-besar-dari-tahun-lalu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke