Kompas.com - 15/01/2022, 12:02 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Kota Bogor, Jawa Barat memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa penerapan ganjil genap di sejumlah titik akhir pekan ini. Upaya tersebut dilakukan untuk membatasi mobilitas warga mengingat kasus Covid-19 di Indonesia yang belum usai.

Kepala Polresta Bogor Kota Komisaris Besar Susatyo Purnomo Condro mengatakan, upaya pembatasan mobilitas tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 mengingat saat ini jumlah kasus terkonfirmasi positif varian Omicron di DKI Jakarta meningkat.

Baca juga: Toyota Luncurkan Noah dan Voxy Model Baru, Harga Mulai Rp 300 Jutaan

Kendaraan yang tidak sesuai dengan ketentuan ganjil genap akan dilakukan putar balik oleh petugas yang berjaga di pos pengamanan.

"Kami akan lakukan dua metode untuk membatasi mobilitas masyarakat di akhir pekan ini, yaitu aturan ganjil genap dan bebas kerumunan," kata Susatyo seperti dikutip Kompas.com, Sabtu (15/1/2021).

Ganjil genap di wilayah Cilegon, BantenPolda Banten Ganjil genap di wilayah Cilegon, Banten

Tidakan pembatasan mobilitas dengan rekayasa ganjil genap dilakukan berdasarkan evaluasi pihak Kepolisian dua pekan ini. Pihaknya berharap masyarakat dapat menyadari kondisi persebaran virus baru saat ini.

"Evaluasi kami dua minggu kemarin cukup padat, sehingga kami akan berlakukan itu. Kita ingin mengingatkan bahwa kondisi sekarang sedang tidak baik-baik saja," ucap Susatyo.

Penerapan ganjil genap dilakukan secara situasional. Artinya, apabila terjadi kerumunan atau kepadatan di ruas-ruas jalan, petugas akan langsung menerapkan ganjil genap.

Baca juga: Beda Spesifikasi Mesin Toyota Fortuner Diesel 2.800 cc dengan 2.400 cc

Tidak ada penyekatan arus kendaraan dalam sistem ganjil genap ini. Selain itu, petugas juga akan menyiapkan lima pola untuk teknis penerapannya di lapangan.

"Ini gerakan menahan satu hari saja. Nanti kita sesuaikan dengan dinamika di lapangan, karena kita tetap perhatikan dimensi ekonomi warga," jelas Susatyo.

Petugas melakukan penyekatan ganjil genap di Kota Bandung, Jawa Barat. ANTARA/HO-Humas Pemkot Bandung Petugas melakukan penyekatan ganjil genap di Kota Bandung, Jawa Barat.

"Kita tidak membatasi total, tidak ada penyekatan. Ini sudah sesuai aturan," imbuhnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.