Brio Jadi Tulang Punggung, Honda Tutup 2021 dengan Angin Segar

Kompas.com - 15/01/2022, 09:12 WIB
Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM), mendapat angin segar sepanjang 2021 dengan membukukan penjualan retail sebesar 91.393 unit. Pencapaian tersebut naik 15 persen dibanding 2020 yang hanya 79.451 unit.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM mengatakan, peningkatan penjualan di 2021 tentu tak lepas dari beragam faktor.

Mulai peluncuran model baru, performa dari Honda Brio, sampai adanya pemberian relaksasi diskon pajak yang berimbas pada perutumbuhan pasar otomotif.

"Penjualan Honda tahun lalu sejalan dengan proyeksi kami dengan mempertimbangkan berbagai kondisi seperti peluncuran model baru, dampak insentif pajak, maupun keterbatasan pasokan akibat gangguan pasokan komponen untuk produksi," ujar Billy dalam keterangan resminya, Jumat (14/1/2022).

Baca juga: Rapor Pencapaian Daihatsu Sepanjang 2021

Honda Brio Satya di booth Honda pada ajang GIIAS 2021.KOMPAS.com/GILANG SATRIA Honda Brio Satya di booth Honda pada ajang GIIAS 2021.

"Kami bersyukur permintaan produk-produk Honda masih sangat tinggi hingga akhir 2021, terutama untuk Brio dan model baru seperti All New Honda BR-V dan City Hatchback RS. Khusus Brio yang pemesanannya sangat tinggi, kami akan memaksimalkan produksi di dua pabrik guna memenuhi permintaan konsumen sesegera mungkin," katanya.

Seperti diketahui, meski pertumbuhan penjualan sesuai dengan kondisi ekonomi yang mulai merangkak, tapi pada semester dua 2021 Honda terdampak pasokan komponen untuk produksi yang terjadi secara global, yakni semikonduktor.

Namun demikian, Billy mengklaim kondisinya mulai membaik sejak akhir 2021, sehingga saat ini fokus untuk memaksimalkan kapasitas produksi dan memenuhi permintaan konsumen yang masih tinggi.

Hasilnya, penjualan di Desember tercatat mengalami peningkatan hingga 41 persen dibanding bulan sebelumnya dengan total 9.908 unit.

Baca juga: Honda Masih Tunggu Aturan Mobil Rakyat, Mobilio dan Brio Satya Masuk Kategori

All New BR-Vdok.HPM All New BR-V

Honda Brio masih menjadi kontributor utama penjualan sepanjang 2021 dengan total 45.332 unit. Dari jumlah tersebut, Brio Satya mendominasi sebesar 30.254 unit dan Brio RS sebanyak 15.078 unit.

Secara total, Brio telah memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi penjualan Honda di tahun lalu, yakni sebesar 50 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.