Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target dan Jurus Daihatsu Pertahankan Posisi Kedua di 2022

Kompas.com - 15/01/2022, 11:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski pencapaian pada 2021 cukup memberikan dampak positif, namun memasuki 2022, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ternyata tak ingin muluk-muluk dalam menetapkan target penjualan.

Marketing Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Budi Mahendra mengatakan, tahun ini targetnya adalah bagaimana mempertahankan pasar dan tetap menempati posisi kedua.

"Pastinya kami ingin mencapai posisi nomor dua (penjualan otomotif nasional) untuk ke-14 tahun berturut-turut. Market share-nya sekitar 17 persen," kata budi dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (13/1/2022).

Ketika ditanya soal proyeksi pasar di tahun ini, terlebih dengan kondisi diskon pajak atau relaksasi PPnBM yang tak ada kepastian, Hendrayadi Lastiyoso selaku Marketing & Customer Relations Division Head ADM menjelaskan, pada prinsipnya pihaknya masih akan memantau situasi pasar otomotif di 2022.

Baca juga: Simulasi Daihatsu soal Program Mobil Rakyat

Daihatsu All New Xenia meluncur di GIIAS 2021Dio Dananjaya/Kompas.com Daihatsu All New Xenia meluncur di GIIAS 2021

Hal tersebut karena kondisi pada awal 2022, kurang lebih sama seperti di Maret 2021 ketika menanti kepastian soal pemberian relaksasi PPnBM atau diskon pajak.

"Bedanya, waktu itu sudah ada isu yang berhembus sangat kencang kemudian eksekusinya juga tidak lama. Kalau sekarang ini, kita masih agak bingung karena isunya itu banyak, tapi angin mana yang kencang masih belum tahun," ujar Hendrayadi.

Tentu apa yang dimaksud terkait soal angin atau isu adalah kelanjutan PPnBM dan juga realisasi soal kepastian mobil rakyat yang sebelumnya digadang-gadang oleh Kementerain Perindustrian (Kemenperin) beberapa waktu lalu.

Meski demikan, soal strategi yang akan diterapkan, Hendrayadi mengatakan Daihatsu sudah memiliki beberapa langkah untuk menggoda konsumen. Salah satunya dengan menyediakan paket kredit serta aktivitas pamasaran digital.

Baca juga: Ini 10 Mobil Terlaris di Indonesia Sepanjang 2021

Test Drive Daihatsu Rocky 1.2 L ADM Test Drive Daihatsu Rocky 1.2 L

"Untuk kami itu penting sekali menyiapkan paket kredit, karena dari sisi penjualan 75 persen konsumen kami membeli secara kredit. Kita akan kerja sama dengan value chain untuk membuatkan paket-paket kredit yang sesuai dengan kondisi dan situasi," ujar Hendrayadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com