Diproduksi di Cikarang, Hyundai Creta Buatan Indonesia Akan Diekspor

Kompas.com - 14/01/2022, 16:12 WIB
Hyundai Creta Kompas.com/DonnyHyundai Creta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi meluncurkan Hyundai Creta sejak November 2021. Mobil ini mulai diproduksi pada 17 Januari 2022.

Produksinya dilakukan di pabrik Hyundai di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Disebutkan bahwa pabrik yang belum lama beroperasi ini memiliki kapasitas produksi hingga 150.000 unit per tahun.

Baca juga: Hyundai Klaim Creta Sudah Dipesan Lebih dari 1.200 Unit

Makmur, Chief Operating Officer PT HMID, mengatakan, pabrik Hyundai tersebut tidak hanya untuk domestik. Tapi, juga punya regional Asia Pasifik di sini.

Hyundai CretaKompas.com/Donny Hyundai Creta

"Belum ada ekspor, tapi semua sudah disiapkan ke arah sana. Saya belum bisa buka, karena masing-masing negara punya strategi untuk kapan mereka akan mulai komunikasi," ujar Makmur, kepada wartawan, saat ditemui di pabrik Hyundai, Kamis (13/1/2022).

Makmur menambahkan, untuk ekspor, dia tidak mau bicara langsung mengenai negara tujuan. Sebab, ini terkait dengan negara yang berhubungan.

Baca juga: Hyundai Creta Rakitan Indonesia Bakal Rilis di Thailand

Erwin Djajadiputra, Direktur Penjualan PT HMID, mengatakan, pabrik Hyundai di Cikarang merupakan basis produksi untuk Creta.

Hyundai CretaKompas.com/Donny Hyundai Creta

"Jadi, tentunya ekspor sudah pasti. Untuk ke mananya, tergantung dari negara mana yang strateginya cocok dengan ini," kata Erwin.

Melansir Paultan.org, Sabtu (8/1/2022), Hyundai Creta bakal melantai di ajang pameran otomotif Bangkok Motor Show 2022 yang digelar mulai 23 Maret hingga 3 April 2022. Kemungkinan besar salah satu negara tujuan untuk ekspor Hyundai Creta adalah Thailand.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.